Menu Close

Pembuatan Instalasi Cuci Tangan Umum oleh Polres Mabar, BPBD dan Pelita Mabar

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Sebagai upaya preventif untuk menahan lajunya paparan COVID-19 di Manggara Barat, POLRES MABAR, BPBD dan PELITA MABAR bekerja sama membuat fasilitas instalasi cuci tangan untuk umum di beberapa titik startegis di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Grace Irene Saeketu ketua Pelita Mabar selaku penggagas pembuatan instalasi cuci tangan umum mengatakan Social Distancing sangat penting, namun masih banyak warga kota yang harus keluar rumah untuk bekerja atau menyelesaikan hal-hal dengan urgenitas yang sangat tinggi.

Seperti paramedis, polisi, karyawan pelabuhan dan bandara, serta petugas-petugas instalasi umum lainnya. “Untuk itu diperlukan media cuci tangan yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja”, jelasnya

Grace menjelaskan bahwa pembuatan instalasi cuci tangan umum tersebut selain didanai oleh Polres Mabar dan BPBD Mabar, juga oleh perusahaan-perusahaan setempat yang memiliki kepedulian yang sama untuk mengambil tindakan preventif menahan laju penyebaran Covid19 tersebut di Manggarai Barat.

Sementara itu Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso S.I.K, M.Si mengapresiasi ide kreatif dan kepedulian sosial guna mencegah penyebaran Covid19 di kota destinasi pariwisata super premium ini.

“Saya mengapresiasi ide dan inisiatif luar biasa dari adik-adik Pelita Mabar. Di situasi seperti ini, kreatifitas dan kepedulian sosial seperti inilah yang dibutuhkan di Manggarai Barat,” tuturnya

Dikatakannya, kegiatan seperti ini dirinya mendukung sepenuhnya kampanye positif budaya hidup bersih di ruang terbuka publik dalam rangka menangkal penyebaran virus Covid-19.

Kapolres Mabar berharap tempat cuci tangan ini juga dapat memicu kepedulian banyak pihak untuk membantu pemerintah dalam rangka mengampanyekan pola hidup bersih dan social distancing. “Tentunya, saya minta adik-adik Pelita Mabar jangan berhenti berkreasi, teruslah berkarya untuk Manggarai Barat,” harapnya .

Hal senada juga disampaikan Kepala BPBD Mabar Ir. Dominikus Hawan bahwa kegiatan ini harus didukung sebagai kepedulian terhadap pencegahan penyebaran Covid19. “Harapan kami, instalasi tersebut dapat membantu menahan paparan COVID-19 di Labuan Bajo Manggarai Barat” harap Kakan BPBD Dominikus Hawan .

Untuk diketahui bahwa sudah terpasang satu instalasi cuci tangan umum di Kampung Ujung, salah satu wilayah dengan jumlah orang keluar dan masuk yang paling tinggi di Labuan Bajo.

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.