Menu Close

Pariwisata Labuan Bajo Penggerak Ekonomi Mabar

LABUAN BAJO, Kominfo Mabar – Sektor pariwisata kini menjadi target utama Pemerintah pusat dengan menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas /premium. Geliat pariwisata mendorong investasi berkembang dan menjadikan Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat NTT sebagai gerbang destinasi wisata dunia yang terus mendapat perhatian serius dari pemerintahan presiden Joko Widodo.

Pemerintahpun, akhirnya melanjutkan pembangunan infrastruktniur KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Labuan Bajo, untuk mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

“Sasaran utama pembangunan sektor pariwisata kita adalah meningkatkan peran pariwisata sebagai penggerak ekonomi daerah. Pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas Indonesia,” kata Bupati Drs Agustinus Ch.Dula,saat menjadi inspektur Upacara pada hari Ulang Tahun Kabupaten Manggarai Barat yang ke- 17,di halaman kantor Bupati,Selasa (25/2/2020).

Kabupaten Manggarai Barat kini menjadi Magnet Wisata dengan sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan. Fokus utama pembangunan pariwisata, diarahkan pada perkembangan ekosistem pariwisata yaitu atraksi, aksesbilitas dan amenitas. pembangunan sektor pariwisata telah merangsang tumbuhnya sektor ekonomi seperti sektor pertanian, industri pengolahan, UMKM dan lain sebagainya termasuk investasi,ujar Bupati Gusti Dula .

Dikatakanya,Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar pada pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo. Presiden bahkan menekankan berbagai aspek dalam pengembangan Labuan Bajo dengan 7 (tujuh) agenda yaitu:

Penataan kawasan Wisata harus ditata dan diperlukan partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan agar menjadi kota yang betul-betul dirawat. Dalam bahwa melakukan penataan kawasan perlu melakukan integrasi, baik yang menyangkut dengan kerapian, kebersihan, kenyamanan dan keamanan bagi
Pembangunan.

Pembangunan infrasrutktur
sebagai komitmen, pemerintah akan membangun infrastruktur untuk mendukung konektifitas guna mendorong pertumbuhan ekonomi Negara dalam sektor pariwisata sekaligus juga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Maka pada awal tahun 2020 segera membangun Runway dan Terminal Bandara Komodo. sehingga diharapkan mendapat traffik yang semakin banyak dalam rangka mendatangkan wisatawan mancanegara;

Penyiapan SDM,dalam hal menyiapkan SDM, perlu meningkatkan keahlian dan kompetensi SDM masyarakat lokal, dari sisi ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata yang ada sehingga ada dampak ekonomis.

Pengelolaan sampah, penting bagi kita untuk mengadakan gerakan pembersihan sampah didalam laut dan karang, serta menyiapkan infrastruktur untuk pembuangan sampah.

Pengelolaan air baku, kita harus menyiapkan tambahan air baku.

Promosi pariwisata,perlu mengadakan promosi besar-besaran . Target akhir tahun 2020 apabila semua sudah rapih dan tertata, termasuk digelarnya Event Internasional yang menarik wisatawan.

Keamanan wisatawan,perlu menyiapkan organisasi yang berkaitan dengan keamanan para wisatawan, baik dari BASARNAS maupun BNPB

“Terkait keamanan Wisatawan,baru-baru ini pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan bantuan Helikopter dari kepala BASARNAS dan acara pemberkatan kita sudah lakukan dilanjutkan dengan uji coba penerbangan,” ungkapbya.

Menurut Bupati dua periode ini,ke
7 (tujuh) agenda yang disampaikan Presiden untuk Labuan Bajo sekaligus mau mengisyaratkan kepada kita bahwa, pariwisata Labuan Bajo adalah berskala premium dan akan menyumbangkan devisa negara sekaligus penyokong utama ekonomi bangsa dengan menggaet sebanyak-banyaknya minat wisatawan masuk ke daerah kita yang tercinta ini.

“jika pemerintah pusat telah menaruh perhatianya kepada Manggarai Barat maka tentu kita harus mendukung dan menyukseskan agenda apa yang akan dikerjakan tersebut,” ucapnya.

Ia pun mengajak seluruh komponen masyarakat agar
tidak boleh tinggal diam, kita tidak boleh berpangku tangan dan kita harus mengambil bagian dalam pembangunan itu. “Moment hari ini adalah momen terbaik bagi kita untuk kita rencanakan dan kita laksanakan berbagai program pembangunan.,” harapnya.

Bupati Agustinus Ch Dula menambahkan, Pemerintah Indonesia bahkan menjadikan Labuan Bajo sebagai Wisata Premium. hadirnya Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Labuan Bajo-Flores adalah guna percepatan akselerasi pembangunan infrastruktur pariwisata .

Bupati juga menginformasikan,
Labuan Bajo direncanakan menjadi daerah yang dipilih untuk tuan rumah KTT G-20 dan ASEAN SUMMIT tahun 2023 di kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori di Desa Golo Mori Kecamatan Komodo, mengalahkan Likupang yang juga merupakan kandidat kuat.

Bupati Gusti Dula berharap,di usianya yang ke 17, menjadikan kabupaten manggarai barat lebih bijak dan semangat dalam mengemban harapan seluruh masyarakat menuju manggarai barat yang ramah, maju dan sejahtera.

” Atas nama pemerintah dan rakyat Manggarai Barat, Saya menyampaikan Dirgahayu Manggarai Barat KE 17, kita wujudkan Manggarai Barat yang Majemuk dan BERSAHABAT (bersih, rapih, sehat, aman, harmonis dan bermartabat) menuju daerah pariwisata premium” pungkasnya.
(Hans)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.