Menu Close

Jelang KTT ASEAN, Pemkab Mabar  Dan PT.Telkom Pastikan Konektifitas Jaringan Aman

Labuan Bajo, Kominfomabar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama PT. Telkom Labuan Bajo memastikan layanan telekomunikasi berupa mobile Combat 4 G di tempat penyelenggaraan KTT ASEAN SUMMIT terkoneksi dengan baik.

Adapun gelaran KTT ASEAN SUMMIT akan berlangsung pada bulan Mei mendatang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori Kecamatan Komodo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Manggarai Barat Paulus Setahu, S.Sos bersama Kakandatel PT. Telkom Labuan Bajo Salvinus didampingi Head of representative office  PT. Telkom Imanuel M. Ratu Radja Kepala Bidang Layanan Tata Kelola Informatika (LTKI)  Tarsisius Cai bersama Fungsional Manggala Informatika Bidang LTKI Ikang Fauzy meninjau langsung untuk memastikan kesiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi sebelum gelaran internasional dimulai.

Kadis Kominfo Paulus Setahu mengatakan bahwa dirinya bersama tim Kominfo dan Telkom Labuan Bajo meninjau langsung progres pengerjaan infrasruktur jaringan telekomunikasi jelang penyelenggaraan KTT ASEAN SUMMIT Mei mendatang.

“Setelah kami berkoordinasi dengan pihak Telkom Labuan Bajo, maka pada hari ini kami bersama pihak Telkom datang meninjau langsung untuk memastikan kesiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi jelang event KTT ASEAN SUMMIT,” ungkap Kadis Paulus saat  peninjauan jaringan  di simpang Warloka Desa Warloka Kecamatan Komodo, Rabu (08/03).

Dijelaskan Kadis Paulus beberapa informasi hasil pantauannya sbb:

Pertama : Jaringan Fiber Optik dari Labuan Bajo sampai di Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation  (ITDC) melalui 2 jalur yaitu dari Jalur Nggorang – Kenari – ITDC dan Jalur Gorontalo – Kenari – ITDC sdh terkoneksi.

Kedua, konektifitas Jaringan dengan kapasitas 4G sudah aktif di kawasan ITDC yang terpancar dari Menara Combat Telkomsel.

Kadis Kominfo Manggarai Barat Paulus Setahu berharap jaringan yang sudah terkoneksi ini akan terhubung dengan pusat monitoring nasional dan regional yang saling terintegrasi sehingga dapat memastikan layanan yang andal dan prima di seluruh titik hingga kegiatan selesai.

“Selanjutnya saya berharap jaringan yang sudah terkoneksi ini akan terhubung dengan pusat monitoring nasional dan regional yang saling terintegrasi sehingga dapat memastikan layanan yang handal dan prima di seluruh titik hingga kegiatan selesai,” harapnya.

Sementara itu Kakandatel PT. Telkom Salvinus menjelaskan, progres pengerjaan pemasangan kabel optik dari Labuan Bajo hingga saat ini sudah terpasang di simpang Warloka-Kenari. Sedangkan dari simpang Warloka  menuju kawasan ITDC sepanjang 13 Kilometer, saat ini penggalian kabel optik menuju gerbang ITDC Kawasan Tana Mori, perkembangan terakhir sudah  4 kilometer.

Sedangkan dari gerbang ITDC menuju Hall ITDC sejauh 4 km sudah di pasang.

” Kami bekerja all out memberikan layanan kualitas terbaik dan memadai saat pelaksanaan KTT ASEAN SUMMIT Mei mendatang,” ungkapnya.

Pihaknya juga akan memasang kabel optik pada dua jalur menuju kawasan  ITDC, hal itu di maksudkan agar ketika salah satu jalur mengalami kendala, secara otomatis akan menggunakan jalur yang satu, pada intinya pihak PT. Telkom akan mempersiapkan layanan jaringan dengan baik.

Ia menambahkan, selain untuk kawasan Tana Mori, pihakny akan menyediakan layanan jaringan yang memadai pada beberapa hotel seperti Hotel Ayana, Meurorah dan Bintang Flores tempat menginap tamu dan panitia KTT ASEAN SUMMIT.

“Selain di KEK Tana Mori kami juga akan memastikan penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi di beberapa hotel tempat para tamu KTT dan Panitia menginap seperti Hotel Ayana, Meurorah dan Bintang Flores,” jelasnya.

Diakuinya bahwa sejauh ini pihaknya belum menemukan kendala berarti dalam pemasangan kabel, hanya mungkin faktor cuaca saja.

Dirinya memastikan, bahwa pada bulan April mendatang, layanan jaringan menuju Kawasan KEK Tana Mori bisa terakses dengan baik. (Frumen/Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *