Menu Close

Akunitas, Bangun Mabar dari UMKM

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Ditetapkannya Labuan Bajo sebagai salah satu kota destinasi pariwisata super premium oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini, tentu menjadikan kota itu semakin mendunia. Berbagai aktifitas pun mulai nampak terlihat. Pergerakan sektor ekonomi dan bisnis pariwisata menjadi trend dan ikut merangsak naik.

Tak terkecuali Akunitas atau Asosiasi Kelompok Usaha Unitas yang berdiri mandiri dan maju

dengan tujuan memperkuat dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka menghadapi perkembangan kota Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula saat menerima pengurus Akunitas pada, Rabu, 4 Maret 2020 lalu diruang kerjanya mengatakan, hanya kepada siapapun yang mau bekerja keras pasti akan mendatangkan rejeki berlimpah.

“Uang di labuan bajo ini beterbangan, siapa jeli dan pintar menangkap peluang maka ia akan menjadi juara. Demikian kata Bupati Gusti, jangan jadi penonton dan tolong tangkap uang uang tersebut”, demikian yang dikutip media ini dari akun Facebook milik akunitas, Sabtu, (07/03), pagi.

Bupati dua periode itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat Labuan Bajo untuk ikut berpartisipasi dalam membangun kota destinasi pariwisata super premium ini dengan memperkuat posisi unitas pada sektor masing-masing. Dan kepada akunitas beliau ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya sembari mendorong penguatan kapasitas unitas itu menjadi lebih baik kedepannya.

“Mari kita perkuat hujan berkat ini agar merata dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Mabar”,kata Bupati Gusti.

Selain hadir dalam rangka memperkuat posisi UMKM di kota destinasi pariwisata super premium, keberadaan akunitas tentu mampu mnciptakan masyarakat mandiri dan berdaya saing sehingga siap menjadi pilar ekonomi di Kabupaten itu. Unitas dengan arti bersatu dalam kelompok usaha yg berbeda itu, memiliki segudang aktifitas yang akan dijalankan, salah satunya ikut terlibat aktif dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional 2020 (HPSN) yang diselenggarakan oleh 16 Lembaga Kementerian di Labuan Bajo pada, Jumat, 6 Maret 2020. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi komunitas UMKM ini.

Sebagai wujud syukur atas kelancaran pameran produk UMKM lokal yang telah berjalan dengan baik dan lancar di acara HPSN 2020 tak lupa secara khusus Akunitas sampaikan ucapan terimakasih kepada Bank NTT yang sudah membantu. Kedepannya, Akunitas diharapkan dapat menjadi mitra serta pelaku usaha yg kreatif, inovatif dan siap bersaing dalam menyambut Labuan Bajo sebagai kota destinasi pariwisata super premium.

Sebagai Informasi, Asosiasi Kelompok Usaha Unitas dengan artian bersatu dalam kelompok usaha yg berbeda. berdiri atas kepedulian sekelompok pelaku usaha Werry Tan, viktor Victor Endi, Getrudis Tour, Getrudis Naus, Veronika S. Arat, Wati Ontong, Latifa, Nur Alwi, Herlina Patodo, Baktiar, Don Matur, candy Latubatara dibawah binaan dan pengawasan Bapak Bupati Mabar dan Pater Marsel Agot, SVD. (Louis/Syarif ab )

Leave a Reply

Your email address will not be published.