Menu Close

Memilah Sampah Menabung Emas

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula beserta Forkompimda Mabar menghadiri kegiatan Penyerahan Bank Sampah dan Bantuan CSR PT. Pegadaian (Persero) kepada desa Batu Cermin Manggarai Barat, Sabtu (7/3) di halaman Kantor Desa Batu Cermin.

Seperti yang kita ketahui, Isu sampah menjadi perhatian pemerintah termasuk di destinasi wisata. Kebersihan destinasi wisata menjadi faktor peningkatan kunjungan wisatawan dengan menawarkan fasilitas yang bersih dan memberikan daya tarik wisata Indonesia

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula dalam sambutanya mengatakan bahwa sampah memang menjadi problem tersendiri dari kemajuan pariwisata di daerah ini, diharapkan dengan bantuan Bank Sampah dari PT. Pegadaian bisa mengurangi masalah sampah.

Bupati menjelaskan pada Peringatan HPSN kemarin yang dipusatkan di Labuan Bajo Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Labuan Bajo, dan 10.000 masyarakat di kerahkan untuk melakukan kegiatan membersihkan sampah wilayah pantai pesisir Labuan Bajo.

“Kegiatan HPSN 2020 di Labuan Bajo, merupakan bentuk komitmen pemerintah pusat untuk membantu daerah ini untuk mengatasi masalah sampah, sampah menjadi momok bagi daerah Destinasi pariwisata kita ini,” katanya

Bupati berharap dengan bantuan bank sampah dengan fasilitas pendukung lainnya bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi sampah dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat di batu cermin ini.

“Kepada bumdes di harapkan untuk tangkap semua peluang dan maanfatkan serta kelola dengan baik,” harapnya.

Di waktu yang sama Direktur SDM PT. Pegadaian Persero Edi Isdwiarto menjelaskan
PT. Pegadaian (Persero) berkomitmen turut membantu pemerintah daerah dalam mengurangi polusi sampah khususnya di lima destinasi super prioritas, salah satunya adalah Labuan Bajo.

“penyerahan dan peresmian bank sampah the gade clean and Gold dengan tag line memilah Sampah Menabung Emas guna menanggulangi problem sampah di daerah Destinasi wisata premium ini dan memberikan manfaat yang luas bagi bagi masyarakat batu cermin,” katanya

Ia menjelaskan bantuan CSR dari PT. Pegadaian kepada desa Batu Cermin berupa, satu unit bangunan the gade clean and gold, dua unit sepeda motor roda 3, satu unit perangkat komputer, satu lemari filling kabinet, meja dan kursi, satu unit pencacah sampah dan 40 buat tong sampah.

“Program pembangunan Bank sampah ini telah berlangsung sejak dua tahun lalu. Sudah ada 69 bank sampah di seluruh Indonesia termasuk di lima daerah destinasi prioritas pariwisata yang tujuannya selain untuk pengolahan sampah juga untuk menanamkan semangat investasi,” pungkasnya

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Edistasius Endi, SE, Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, Kajari Mabar Iqbal, Pimpinan Wilayah VII Denpasar PT. Pegadaian (Persero) Nuril Islamiah, Pj. Sekda Ismail Surdi, S.PKP, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marten Ban, ST, Pimpinan OPD lingkup Pemerintahan Kab Manggarai Barat, Camat Komodo Imran, Kades Batu Cermin Sebastianus Seba’ dan undangan lainnya.

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.