Menu Close

30 ANGGOTA DPRD MANGGARAI BARAT PERIODE 2019 – 2024 DIAMBIL SUMPAH

LABUAN BAJO, 30 Agustus 2019 – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Barat periode 2019 – 2024 dilantik dan diambil sumpah/ janji dalam Rapat Paripurna Istimewa, Jumat (30/8) di Gedung DPRD Kabupaten Manggarai Barat NTT.

Sumpah/janji anggota DPRD Manggarai Barat masa jabatan 2019-2024 diambil untuk menindaklanjuti Surat Keputusan Gubernur NTT Nomor PEM171.2/II/301/VIII/2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat masa jabatan tahun 2019-2024.

Rapat Paripuran dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Manggarai Barat Belasius Jeramun yang menyampaikan bahwa Rapat Paripurna ini adalah rapat paripurna terakhir dalam masa tugas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat masa jabatan 2014-2019.

Gubernur NTT Victor B. Laiskodat dalam sambutan tertulis yang di bacakan oleh Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dula (Bupati Gusti) mengatakan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, DPRD mempunyai kedudukan yang setara dengan Pemerintah Daerah (Pemda) .

Kedudukan yang setara bermakna, DPRD dan Kepala Daerah memiliki kedudukan yang sama dan sejajar, dalam artian tidak saling membawahi, satu tidak bertanggung jawab pada yang lain atau satu tidak lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain, katanya.

Hubungan demikian secara praktis operasional bahwa DPRD adalah mitra kerja Pemda dalam menjamin optimalisasi penyelenggaraan tugas-tugas Pemda, secara konstitusional DPR memiliki 3 fungsi yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan.

Diakhir sambutan, Gubernur NTT menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat yang telah berpartisipasi dan peran aktif sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu dapat berlangsung secara aman, damai dan sukses, seluruh anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat masa jabatan 2014-2019 atas pengabdian dan jasa-jasanya.

Apresiasi dan profisiat kepada anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat masa jabatan 2019-2024 yang baru diambil sumpah ya, selamat bekerja, selamat mengemban tugas yang terhormat ini, pungkas Bupati Gusti

Di kesempatan yang sama Ketua sementara DPRD Kabupaten Manggarai Barat Edistasius Endi, SE (Edi Endi) dari Fraksi Nasdem mengatakan pesta demokrasi telah usai, hasilnya tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah. Karena sejatinya pemilu bukan untuk menghasilkan para juara, melainkan untuk memilih orang – orang yang menjadi pelayan masyarakat.

Kalau pun kita memakai kata menang, maka yang menang adalah masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi di negara ini.

Dalam menjalankan fungsi sebagaimana yang diatur UU nomor 17 tahun 2014 yang telah diubah dengan UU nomor 2 tahun 2018 tentang MD3 adalah sebuah keharusan untuk bersinergi dengan Bupati dan jajarannya.

Pelantikan merupakan awal lembaran baru, untuk menatap Manggarai Barat ke depan dengan semangat Juang yang baru.

Saya mengajak seluruh anggota dewan yang terhormat agar mencurahkan segala tenaga dan pikirannya demi mengemban amanat masyarakat Manggarai Barat.

Dan yang paling hakiki adalah kita menjaga marwah Lembaga DPRD dengan menjunjung tinggi Prinsip-prinsip Akuntabililitas, transparansi, profesional, dan proporsional dalam menjalankan fungsi dan peran kita, kata Edi Endi. (Syarif ab).

Leave a Reply

Your email address will not be published.