Menu Close

Tumbuhkan Minat Baca, Wabup Manggarai Barat Resmikan Pojok Baca Digital

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M. Kes, secara resmi meluncurkan Pojok Baca Digital (Pocadi) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2022, di Lantai I Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo, Rabu (09/02).

Peresmian Pojok Baca Digital pertama di Manggarai Barat ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Wabub Yulianus Weng dan pemotongan pita oleh Kajari Manggarai Barat Bambang Dwi Murcolono, SH,MH, disaksikan oleh Unsur Forkopimda, Sekda Mabar, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus, S.Pd dan segenap undangan yang hadir.

Program Pocadi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat merupakan pengembangan perpustakaan sebagai upaya baru Pemerintah Manggarai Barat untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dengan cepat dan berkelanjutan.

Pojok Baca Digital Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat ini bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pocadi menyediakan buku digital (eBook) dari konten iPusnas yang bisa diunduh menggunakan aplikasi iPusnas. Aplikasi iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Wakil Bupati Yulianus Weng dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan perpustakaan memiliki peran strategis sebagai pusat kegiatan belajar yang mengantarkan masyarakat menjadi cerdas. Oleh karenanya Wabup Yulianus menegaskan bahwa revitalisasi perpustakaan menjadi program prioritas.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pemerintah Manggarai Barat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas melalui pengembangan perpustakaan dan Pojok Baca Digital (Pocadi).

“Pemerintah Manggarai Barat tentunya mempunyai komitmen yang kuat dalam pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana yang tertuang dalam misi kedua Kabupaten Manggarai Barat yakni Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas”, ungkapnya.

Wabup Yulianus berharap Pojok Baca Digital yang diresmikan ini, bisa dimanfaatkan dengan baik. Terutama oleh para mahasiswa dan para siswa-siswi SD,SMP dan SMA sebagai sumber referensi digital.

“saya berharap agar Pojok Baca Digital ini bisa dimanfaatkan dengan baik sebagai sumber referensi terutama untuk para mahasiswa dan siswa-siswi, sebab ini gratis”, harapnya.

Wabup Yulianus juga berterimakasih kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atas bantuan pembangunan Pojok Baca Digital tahun 2022. Rencananya tahun 2023 Kabupaten Manggarai Barat akan mendapatkan 2 (dua) paket program Pocadi.

Hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda, Kajari Manggarai Barat Bambang Dwi Murcolono, SH,MH, Wakapolres Manggarai Barat Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M, Danlanal Jalasena Kuni Agu Kalo Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni,S.T.,M.Tr.Hanla, Pabung Kodim 1612 Manggarai Mayor S. Hadi, Ketua Pengadilan Negeri Manggarai Barat Ni Made Dewi Sukrani, S.H, Perwakilan Pengadilan Agama Labuan Bajo, Sekda Manggarai Barat Drs. Fransiskus S. Sodo, Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Pimpinan OPD lingkup Pemda Manggarai Barat. (TC-Tim IKP Kominfo Mabar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.