Menu Close

TNI- POLRI Dampingi Dirjen PSLB3 Bersih Sampah dan Tanam Pohon di Nanga Nae

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Aksi bersih Sampah dan Gerakan Tanam pohon yang di lakukan TNI- POLRI bersama Direktorat Jendral Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PLSB3) yang di laksanakan di Nanga Nae Desa Macang Tanggar Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat NTT,

dilakukan guna mendukung suksesnya peringatan HPSN 2020 (hari peringatan sampah nasional) yang rencananya akan di buka Presiden Joko Widodo,Jumat 6 Maret mendatang di Labuan Bajo.

Personil TNI Serka Dethan E.mewakili Danramil 1612-02 Komodo dan
Sertu Bulyan ( Babinsa Macang Tanggar) bersama 9 orang anggota Koramil 1612-02 Komodo serta sejumlah Polisi dari Polres Manggarai Barat,saat ini sedang mendampingi Dirjen PSLB3 Rosa vivien Ratnawati dan Ir.Timbul Batubara M. SI ,kepala BBSKDA (balai besar konservasi sumber daya alam) NTT dalam rangka memperingati hari peduli sampah Nasional (HPSN) ,Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia sejahtera, NTT maju, NTT sejahtera,Kata Marten Dula,personil TNI 1612 Labuan Bajo,Rabu (4/3/2020).

Serangkaian kegiatan yang di lakukan Dirjen PSLB3,TNI POLRI,Kepala BBSKDA NTT,Camat Komodo,Kades Macang Tanggar ,anak- anak sekolah serta elemen masyarakat di Nanga Nae,yakni Penanaman pohon , Aksi bersih sampah,penyuluhan kebersihan,pembagian piagam penghargaan , Pembagian 300 tumbler/botol air minum serta bantuan tandon air 5000 liter kepada sekolah SD Nanga Nae.

Dirjen PSLB3 Rosa vivien Ratnawati,mengatakan, partisipasi masyarakat serta elemen terkait untuk mengatasi masalah sampah di Labuan Bajo sangat penting. Sebagai kota yang telah di tetapkan Presiden sebagai daerah tujuan wisata super premium ,Labuan Bajo harus bebas dari sampah.

” Kita harus menjaga kebersihsn Labuan Bajo agar Wisatawan merasa betah mengunjungi kota ini,” kata Dirjen Rosa Vivien Ratnawati.

Dikatakanya,saat ini Indonesia menghasilkan 6 juta ton Sampah.Cara mengatasinya antara lain mulai dari diri kita sendiri tidak membuang sampah di sembarang tempat serta berani menegur orang jika membuang sampah sembarangan.” Ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjaga Lingkungan bersih,” katanya.

Aksi bersih sampah dan tanam pohon yang berlangsung di Nanga Nae desa Macang Tanggar mendapat sambutan meriah dari masyarakat.Hal ini terlihat dengan banyaknya warga yang ikut dalam kegiatan tersebut .

Kegiatan bersih sampah di Nanga Nae di tandai dengan Piagam Penghargaan di anugerahkan kepada Camat Komodo Imran,Danramil 1612 Labuan Bajo dan Kapolsek Komodo.Anugerah tersebut di berikan karna telah berpartisipasi pada kegiatan aksi bersih sampah dan tanam pohon yang di laksanakan oleh BBKSDA ( balai besar konservasi sumber daya alam) NTT dalam rangka memperingati HPSN tahun 2020 di Labuan Bajo.

Penunjukan Labuan Bajo sebagai lokasi peringatan HPSN 2020 karna telah di tetapkan sebagai Destinasi Super Premium.Selain itu,bagian dari persiapan Kabupaten Manggarai Barat yang telah di tunjuk Presiden Joko Widodo menjadi tempat penyelenggaraan KTT G- 20.

Hari Peringatan Sampah Nasional di peringati untuk mengenang peristiwa Longsor yang terjadi pada 21 Januari 2005 di tempat pembuangan akir ( TPA) Leuwigajah Jawa Barat yang telah menelan korban.

Kegiatan HPSN yang berlangsung 5 hingga 6 Maret di Labuan Bajo antaralain aksi bersih pantai bersama 10.000 peserta di 5 Zona.TPI hingga Hotel Inaya Bay,Kampung Ujung,kawasan Marina,pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang,kampung air dan puncak Pramuka.

Selain bersih pantai,kegiatan di meriahkan lomba Menyelam,pameran kreatifitas teknologi pengelolaan sampah,lomba menggambar dan lainya berlangsung di lapangan kampung ujung Labuan Bajo.
( TNI Marten Dula/ Hans)**

Leave a Reply

Your email address will not be published.