Menu Close

Penjabat Sekda Ingatkan Netralitas ASN pada Pilkada Mabar Tahun 2020

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Semua ketentuan sudah ada di Undang-Undang ASN Nomor 4 tahu 2014 dimana netralitas ASN itu menjadi hal yang sangat penting, karena jika netralitas ASN tidak dilakukan maka profesionalisme itu tidak akan terbentuk.

Demikian disampaikan Penjabat Sekda Kabupaten Manggarai Barat Ismail Surdi pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat tahun 2020 yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu Manggarai Barat (Bawaslu Mabar),

Rabu (19/2), di Aula Hotel Prundi Labuan Bajo,

Kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi tantangan dan pelanggaran pemilu Perhelatan politik pemilihan umum Kepala Daerah September 2020 mendatang.

Penjabat Sekda menjelaskan bahwa untuk menjaga netralitas itu, kita tentu mengajak seluruh ASN Lingkup Pemkab Manggarai Barat untuk menjaga jangan sampai hal-hal yang sudah dilarang tetap dilakukan.

“Oleh karena itu, setiap saat kita menginformasikan kepada mereka, mana yang menjadi larangan bagi mereka dalam pilkada,” tegas Penjabat Sekda Ismail Surdi

Pada tempat yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilu Manggarai Barat Simeon S. Sofian, S.Fil menjelaskan, netralitas tidak berpihak pada siapapun dalam konteks Pilkada. Untuk TNI dan Polri kita yakin bisa menjaga netralitas. Sedangkan, bagi ASN itu yang benar- benar kita awasi, karena nanti ada timbal baliknya.

Ia menegaskan netralitas itu sangat dibutuhkan selain untuk mentaati peraturan perundang-undangan, juga demi menjaga kepercayaan publik. “Kepercayaan publik itu sangat dibutuhkan, agar setiap gelaran pemilu/pilkada berjalan tertib, aman, dan sukses,” tegasnya

Kegiatan ini lanjut Simeon sebagai bentuk sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada semua ASN agar mereka bisa menjaga diri serta menjaga prilaku baik dalam keseharian maupun di media sosial.

Pemateri atau narasumber yang hadir dalam sosialisasi tersebut antara lain, Penjabat Sekda Kabupaten Manggarai Barat Ismail Surdi S. PKP, Kasat Reskrim Polres Manggarai Barat, Ketua Bawaslu Manggarai Barat dan Rohaniwan Khatolik RD. Silvianus Mongko.

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.