Menu Close

Pemindahan Kantor UP3 Ende ke Labuan Bajo, Diharapkan Memberi Terang Seluruh Pelosok Mabar

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi, SE berharap pemindahan kantor UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) FBB (Flores Bagian Barat) Ende ke Labuan Bajo mampu memberi terang ke seluruh pelosok Manggarai Barat.

Hal Tersebut disampaikan Bupati Edistasius Endi saat peresmian kantor baru UP3 Labuan Bajo yang direlokasi dari Ende, Rabu (17/08) di Labuan Bajo.

“Sungguh luar biasa hari ini UP3 Flores Barat launching bersamaan kita memperingati HUT RI ke-77 dengan tema, “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”, ucap Bupati Edi Endi.

Bupati Edi Endi menyampaikan Manggarai Barat bukan hanya Labuan Bajo. Tentu harapannya fokus pelayanan PLN bukan hanya di Labuan Bajo tetapi di seluruh pelosok yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

“Doa kami, PLN menyala sampai seluruh pelosok. Kehadiran UP3 FBB di Labuan bajo ini menjadi harapan baru, untuk pelayanan listrik akan jauh lebih baik. Kami yakin bahwa cerita indah dihari ini berlanjut dihari esok dan hari esok lagi”, ungkap Bupati Ujung Barat Pulau Fores tersebut

Bupati Mabar menaruh harapan besar bahwa Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores dan NTT akan terang dan terang terus.

“Terima kasih PLN, sinergisitas antara pemerintah dan PLN ini perlu dijaga. Sehingga saling mengisi apa yang di butuhkan pemerintah diisi oleh PLN dan apa yang di butuhkan PLN dari pemerintah diisi oleh pemerintah”, Ungkap Bupati Edi Endi.

Bupati menandaskan, seluruh pengabdian, pelayanan dan jasa PLN sedang dinanti oleh seluruh rakyat yang ada di Manggarai Barat ini terutama dalam rangka melayani para wisatawan. Karena dengan terang terus maka, maka semakin lengkap pesona yang ada di Labuan Bajo.

Ketua DPRD Manggarai Barat Martinus Mitar juga menyampaikan hal senada. Menurutnya kehadiran PLN harus dirasakan masyarakat di desa-desa. Sehingga PLN tidak hanya fokus Labuan Bajo sebagai kawasan DPSP, tetapi juga memperhatikan kebutuhan listrik untuk masyarakat di desa-desa.

“kami berharap kehadiran PLN melalui UP3 Flores Barat, masyarakat desa diseluruh daerah ini harus mendapatkan terang maksimal. Pelayanan prima bukan hanya untuk masyarakat kota, tetapi harus hadir ke seluruh masyarakat desa di daerah ini,” ucap Marten Mitar

Direktur Bisnis Regional Sulawesi Maluku Papua dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero), Adi Priyanto menyampaikan saat ini Labuan Bajo masih dilayani oleh kantor setingkat Unit Layanan Pelanggan. Dengan kondisi tersebut dan melihat perkembangan ekonomi dan pertumbuhan pelanggan, PLN melakukan relokasi lokasi kantor UP3 FBB.

‘Pemindahan ini agar dapat meningkatkan pelayanan dari yang sebelumnya dilayani oleh ULP, bisa dilayani langsung oleh UP3.”tutur Adi.

Wilayah kerja PLN ULP Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat seluas 23.141 km2 dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 256.317 jiwa mencakup 12 kecamatan dan 164 Desa dengan total pelanggan PLN sekitar 39.814.

Adi menambahkan Keunggulan Potensi Pasar Kawasan Ekonomi Khusus Labuan Bajo seperti acara yang telah terlaksana side event G20 di tahun 2022 dan nantinya juga menjadi lokasi acara Asean Summit pada tahun 2023.

Menurutnya, PLN siap Mendukung Kawasan Ekonomi Khusus seperti di Tanamori/Golomori dengan Potensi 46,3 MVA dari 2022 sampai dengan 2035, lalu Kawasan Ekonomi Khusus Tana Naga, Potensi pasar penambahan pelanggan potensial TM di Labuan Bajo rata-rata 4 plg per tahun atau setara 40%/tahun Yoy dari total pelanggan TM tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, Persiapan PLN membangun Energi Hijau nantinya akan dibangun PLTS 30 MWp di Kab. Manggarai Barat. (Green Energy di Labuan Bajo)

Adi berharap dengan relokasi kantor UP3 Flores Bagian Barat ke Labuan bajo dan pembentukan PLN ULP Ende pada UP3 Flores Bagian Barat, maka PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Siap Memberikan Pelayanan Terbaik.

“Semoga pelayanan listrik andal dan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor dan negara-negara yang berkunjung terhadap kualitas pasokan listrik di Indonesia khususnya di Labuan Bajo,” kata dia.

Hadir pada kegiatan tersebut via live zoom Direktur PLN Bisnis Regional Sulmapana Adi Priyanto, EVP Distribusi Indradi Setiawan, GM PLN NTT Agustinus Jatmiko, VP Human Development Talent Area 10 PLN Oldy Boyke Masinambouw, Sekda Manggarai Barat Fransiskus Sales Sodo, Direktur BPOLBF Shana Fatina dan Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat dan Stakeholder pelaku pariwisata di Labuan Bajo

(Syarif ab – Tim IKP Kominfo Mabar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.