Menu Close

Kedubes AS Bangun Kemitraan Dengan Pemkab Mabar

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Deputi Ekonomi Kedutaan Besar AS untuk Indonesia Chris Kenedy, menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat NTT dalam berbagai bidang.
 
Chris Kenedy mengatakan, kedatangannya bertujuan untuk membangun hubungan kerjasama dan membicarakan mengenai perkembangan dan pembangunan kota Labuan Bajo serta potensi pertukaran siswa dan beberapa isu lainnya.
 
“Untuk itu, kami ingin mengetahui bagaimana potensi Kabupaten Manggarai Barat secara umum. Kami juga ingin mendengarkan penjelasan dari Pemkab bagaimana mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan yang sangat tinggi ditengah pandemi covid-19”, jelas Chris Kenedy saat bertemu Wakil Bupati Manggarai Barat,dr. Yulianus Weng, di Labuan Bajo, Kamis (20/1/2022).
 
Lebih lanjut Kedubes AS juga ingin mendengar langsung apa kira- kira upaya pemkab untuk memastikan keamanan dan kenyamanan serta kesehatan wisatawan yang datang ke Labuan Bajo di tengah pandemi.
 
Lebih dari itu, pihaknya juga ingin tahu bagaimana keberpihakan pemerintah Mabar terhadap pekerja Lokal. Dia berharap perkembangan pariwisata Labuan Bajo hendaknya tidak meminggirkan komunitas masyarakat Lokal dan mendorong supaya pembangunan di Mabar harus bisa berdampak terhadap masyarakat lokal.
 
Selain itu, pada kesempatan ini Deputi Ekonomi Kedutaan Besar AS memberikan sejumlah informasi program kerja dari Kedubes AS yang nanti akan diarahkan pada segmentasi tertentu. Seperti memberikan beasiswa kepada anak-anak Manggarai Barat yang ingin kuliah di AS.
 
Kenedy juga menawarkan kerjasama diberbagai bidang. Dikatakannya, Kedubes AS memiliki tenaga ahli untuk berbicara mengenai bidang apa saja yang bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk dibahas. “Jadi topik apa yang diminati daerah, kami bisa carikan pembicara sesuai keahliannya,” demikian ujarnya.
 
Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng menyambut gembira atas kunjungan Deputi Ekonomi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Chris Kenedy di Labuan Bajo.
 
Pada pertemuan ini Wabup Yulianus Weng menjelaskan, Pemkab Manggarai Barat saat ini sedang fokus mengejar progres vaksinasi covid 19. Ia memastikan semua petugas Hotel sudah divaksin.
 
“Kami berupaya ketika tamu datang ke Labuan Bajo dan menginap di hotel, harus benar- benar merasa aman dan nyaman dari virus covid-19”, ungkapnya.
 
Kenyamanan ini, termasuk jika tamu yang datang ingin mengitari pulau-pulau kecil yang indah di seputaran pesisir Labuan Bajo.
 
“Disini sudah aman karna hampir semua masyarakat termasuk petugas hotel sudah divaksin. “Jadi tidak usah ragu untuk mengunjungi Labuan Bajo”, tambahnya .
 
Sementara isu kebersihan dan lingkungan, Wabup mengatakan Pemkab Mabar terus bergerak dan berupaya mengatasi persoalan kebersihan dan sampah di kota Labuan Bajo.
 
Sedangkan menyangkut bagaimana keberpihakan Pemkab Mabar soal dampak pembangunan Pariwisata. Wakil Bupati menjelaskan, pihaknya (Pemkab) mempersiapkan SDM Lokal melalui pelatihan di BLK (Balai Latihan Kerja ). Sehingga satu saat tenaga kerja lokal bisa bekerja di hotel-hotel yang sudah dibangun.
 
“SDM lokal saat ini sudah banyak yang mumpuni, kami ingin hotel- hotel yang sudah dibangun 70% tenaga kerjanya berasal dari SDM lokal,” jelas Wabub Yulianus Weng.
 
Diakhir pertemuan ini, Ia berharap, kunjungan Kedubes AS ke Kabupaten Manggarai Barat dapat membuat hubungan lebih erat dan peluang kerjasama dalam berbagai bidang dapat dilakukan.
 
“Apa yang menjadi peluang-peluang kerjasama itu akan kami pelajari dan bila perlu dijajaki lebih lanjut,” kata Wabup Yulianus Weng.
(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.