Menu Close

Ibu Iriana Joko Widodo Kunjungi Pulau Rinca, Pesan Pelihara dan Jaga Lingkungan

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyampaikan pesan pentingnya menjaga dan memelihara habitat dari komodo yang merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Pesan tersebut disampaikan Ibu Iriana usai meninjau kawasan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis, 29 September 2022.

“Saya berpesan semoga Pulau Rinca ini untuk selalu terpelihara dan juga menjaga lingkungan,” ujar Ibu Iriana dalam keterangannya.

Dalam Kunjungan di hari Kedua di Kabupaten Manggarai Barat NTT, Ibu Negara Iriana bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) tiba di Pulau Rinca, TNK, sekitar pukul 09.05 WITA. Sebelumnya, Ibu Iriana dan rombongan menempuh perjalanan laut dengan menggunakan kapal pinisi Ayana Lako Di’a selama kurang lebih dua jam dari Dermaga Marina Labuan Bajo.

Setibanya di Dermaga Loh Buaya, Pulau Rinca, Ibu Iriana disambut oleh istri Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lilia Alue Dohong, serta Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono. Ibu Iriana dan rombongan kemudian mendapatkan penjelasan dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang.

Setelahnya, Ibu Iriana bersama-sama dengan para anggota OASE KIM meninjau kawasan Pulau Rinca dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, Ibu Iriana dan para anggota OASE KIM juga melihat kondisi Pulau Rinca serta beberapa komodo yang ada di kawasan tersebut.

Menurut Ibu Iriana, penjelasan dari para pemandu memiliki peran yang sangat penting agar para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rinca bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait kawasan tersebut.

“Tadi ada pemandunya, juga menerangkan umur komodo, besar kecilnya, kelahirannya, tadi sudah jelas diterangkan pemandu wisata yang ada di sini,” ucap Ibu Iriana.

Dalam kunjungan ke Pulau Rinca Ibu Iriana Joko Widodo dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) melakukan kegiatan penanaman pohon kesambi.

(Tim IKP Kominfo Mabar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.