Menu Close

BPJS Kesehatan Kacab Ende Gelar Media Gathering dan Sosialisasi di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfomabar – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mengapresiasi kegiatan pertemuan media (media gathering) yang di inisiasi kantor cabang Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ende bersama sejumlah Jurnalis di Labuan Bajo.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BPJS Kesehatan yang menginisiasi kegiatan Media Gathering pada hari ini, sehingga masyarakat Manggarai Barat akan lebih banyak memperoleh Informasi melalui media berkaitan dengan program – program BPJS. Yang pada akhirnya masyarakat mengerti dan memahami program-program yang ada,” Kata Kadis Kominfo Paulus Setahu mewakili Bupati, saat membuka kegiatan itu di Laprima Hotel, Selasa (28/6/2022).

Dikatakan Palus Setahu, dunia sekarang semakin berkembang dan menghadapi tantangan era globalisasi. Tuntutan kepada Lembaga Publik semakin ketat, terutama menghadapi penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, efisien dan efektif melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Ia menjelaskan, ada banyak program dan layanan publik tidak diketahui masyarakat, karena tidak terekspos secara baik. Maka diperlukan media untuk mengawal dan mengekspos kegiatan tersebut kepada masyarakat. “Di sinilah kehadiran rekan-rekan media sangat dibutuhkan,” ujarnya

Dengan adanya media sosial, cetak, online ataupun elektronik tentu akan sangat membantu Pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Terlebih di zaman sekarang ini teknologi sangat mengalami kemajuan yang luar biasa.

Jadi dukungan semua elemen untuk bersama-sama bekerja dan berpartisipasi dalam pembangunan di segala bidang adalah sebuah keharusan, sehingga masyarakat semakin sejahtera.

Dikatakanya, Pemkab Manggarai Barat sungguh menyadari pentingnya peran para wartawan mendukung pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan serta pelayanan masyarakat.

Secara khusus terkait pengambilan kebijakan untuk menjadikan Manggarai Barat Bangkit, menuju Mabar Mantap. Demikian pun dukungan teman-teman media kepada Lembaga Pemerintah lainnya termasuk kepada BPJS Kesehatan.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih sebesar-besarnya kepada rekan-rekan pers yang bertugas di Manggarai Barat. Peran teman-teman sangat strategis dalam menyebarluaskan informasi, pendidikan, hiburan, dan juga dalam menjalankan fungsi kontrol sosial,” kata Kadis Kominfo Palus Setahu .

Fungsi pers dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Dan Pers berperan memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui.

Pentingnya peran media dalam memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui, dan disisi lain adanya tuntutan keterbukaan Informasi dari Lembaga publik, maka dibutuhkan kerjasama agar dapat bersinergi dan membangun akses informasi dan komunikasi yang inklusif serta memberdayakan.

Membina hubungan baik dengan wartawan adalah baik, karena dapat menciptakan hubungan yang erat di antara kedua belah pihak. Dengan tidak menghilangkan peran dan fungsi pers itu sendiri, termasuk sebagai alat kontrol.

Ia berharap,media juga berperan aktif sebagai mitra strategis dalam menyampaikan informasi-informasi secara akurat dan benar, sehingga dapat menepis pemberitaan-pemberitaan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan atau hoaks.

Dengan hadirnya Citizen jurnalistik melalui Media sosial perlu kita lawan melalui kerja-kerja jurnalis dengan tetap menerapkan Kode Etik Jurnalis untuk melawan hoaks. Maka sangat penting pada kesempatan ini saya berharap bahwa rekan-rekan wartawan sebagai garis depan mitra pemerintah harus menyajikan informasi yang berbobot.

Untuk itu maka sangat dibutuhkan insan pers yang cerdas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab wartawan sebagaimana diatur dalam Kode Etik Jurnalistik. “Saya mengajak teman-teman wartawan tetap menjalankan tugas jurnalistik dengan benar, terutama dalam penyajian informasi yang berimbang (Cover Both Side),” tutupnya .

Sementarara itu, kepala bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS kesehatan kantor cabang Ende Anggun Laily Sifriaroni mengatakan, guna mengoptimalkan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat, pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan edukasi publik layanan dan inovasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), kepada masyarakat di Manggarai Barat .

“kami gelar media gathering agar teman- teman media bisa menyebarkan informasi penting dan positif dari layanan BPJS Kesehatan ke masyarakat. Bila terdapat kendala, silakan langsung konfirmasi melalui kantor cabang Ende, kami siap melayani setiap saat,” ujar Anggun.

Anggun menjelaskan, ada beberapa terobosan dan inovasi program yang dimiliki di BPJS kesehatan Cabang Ende. Kesehatan berkaitan layanan kepada masyarakat yakni, Pelayanan non tatap muka yang ditawarkan antara lain Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) 0811 8 165 165, BPJS Kesehatan Care Center yang baru 165 .

Pelayanan yang bisa diakses via app Pandawa, diantaranya untuk daftar baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas hingga untuk mengaktifkan kembali kartu dapat dilayani.

Ia berharap,masyarakat bisa memanfaatkan berbagai kemudahan melalui aplikasi yang disiapkan BPJS.

(Hans – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.