Menu Close

Pemkab Mabar Luncurkan Imunisasi PCV

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Pemkab Manggarai Barat melalui Dinas Kesehatan melaunching (meluncurkan) Imunisasi Pneumokokus Conjugate Vaccine (PCV) tingkat Kabupaten Manggarai Barat, Senin (10/10) di Kelurahan Wae Kelambu Kecamatan Komodo Manggarai Barat

Untuk diketahui, PCV adalah penyakit infeksi yang menyerang paru dan sering kali disebut dengan paru-paru basah dan merupakan penyakit infeksi yang sangat endemis serta penyebab utama kematian pada bayi dan balita di dunia.

Angka kematian bayi akibat Pneumonia sangat tinggi. PCV atau imunisasi PCV dapat menurunkan angka kematian bayi, balita, dan stunting. Imunisasi PCV ini terbukti bisa menurunkan secara drastis dan memberikan proteksi terhadap pneumonia.

Sekitar 14,5 persen kematian bayi dan 5 persen dari kematian balita di Indonesia disebabkan infeksi pneumonia.

“Data kasus Infeksi Pneumonia di Kabupaten Manggarai Barat dari tahun 2019 s/d 2022 secara berturut-turut, tahun 2019 sebanyak 196 kasus, tahun 2020 sebanyak 116 kasus, tahun 2021 sebanyak 56 kasus, tahun 2022 (Januari s/d Agustus) sebanyak 159 kasus,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Adrianus Ojo

Dijelaskannya infeksi ini juga mengakibatkan banyak balita di Indonesia terganggu keseimbangan gizinya sehingga menyebabkan stunting.

“Selain bisa menurunkan kematian bayi dan balita, vaksin PCV penting untuk menurunkan tingkat stunting,” kata Sekdis Kesehatan

Sekdis Adi Ojo menjelaskan stunting atau sering disebut kerdil atau pendek adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan Infeksi berulang kali terutama pada periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan,tapi baru nampak setelah 2 tahun.

Ia berharap dengan pemberian Vaksin PCV balita kita di Manggarai Barat terutama dalam periode 1000 HPK terhindar dari infeksi Pneumonia.

Hadir pada peluncuran tersebut Kabid P2P Fransiskus Dulla Kurniawan Gibbons, Kepalq Puskesmas Labuan Bajo Vincentius Paul, Lurah Wae Kelambu Markus Randu. dan Babinkabtibmas Wae Kelambu.

(Syarif ab -Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.