Menu Close

Helikopter Bantuan BNPB Mendarat di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Bupati Gusti mengingatkan kepada semua ASN akan pentingnya merespon dengan baik setiap perhatian Pemerintah Pusat. Perhatian Pemerintah Pusat terhadap Kabupaten Manggarai Barat sangat tinggi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dula (Bupati Gusti) pada saat memimpin Apel Kesadaran Korpri, Senin (17/2) di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat.

“Setiap permintaan yang kita sampaikan selalu dipenuhi, maka saya mengajak kita semua terutama para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk merespon dengan cepat dan baik semua perhatian tersebut, yang terbaru, dan akan dilaunching usai apel ini, Bantuan Helikopter dari Badan (BNPB),” katanya

Apel Kesadaran Korpri selalu dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Pemkab Mabar) tanggal 17 setiap bulannya.

Usai Apel Kesadaran Korpri lanjut Bupati Gusti akan dilaksanakan Launching Helikopter yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Launching Helikopter ditandai dengan proses Pemberkatan sesuai tradisi agama Katolik yang dipimpin RD. Laurensius Sopang, Pr.

Untuk diketahui salah satu arahan Presiden Joko Widodo pada Ratas saat Kunker di Labuan Bajo beberapa waktu yang lalu, berharap jajarannya menyiapkan suatu organisasi yang terdiri atas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/ Basarnas) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menjamin keamanan wisatawan.

“Labuan Bajo harus distandby-kan satu helikopter dan peralatan lainnya, artinya security dan safety menjadi bagian dari yang kita siapkan bukan hanya infrastruktur saja,” demikian arahan Presiden.

Dari arahan Presiden tersebut, Ka. BNPB RI Letjend. Doni Monardo merealisasikan dengan bantuan Helikopter yang selalu siaga bilamana terjadi bencana utk menolong korban terdampak bencana di Labuan Bajo, karena Labuan Bajo telah menjadi destinasi wisata super prioritas dan wisata premium.

Selanjutnya, helikopter dapat digunakan Bupati Manggarai Barat dalam melakukan patroli kebencanaan di wilayah Manggarai Barat mengingat topografi daerah yang luas dan berbukit dan lembah, yang jika terjadi bencana berdampak putusnya jalan.

Selain itu untuk memantau pergerakkan wisatawan bahari yang saat ini berisiko karena gelombang cukup dinamis dan fluktuaktif dan Labuan Bajo sebagai daerah destinasi wisata premium dalam peta bencana termasuk warna kuning, sehingga sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan mancanegara.

Helikopter sebagai wujud negara hadir guna menjamin kenyamanan dan kemanan warga (wisatawan) yg berkunjung ke Labuan Bajo Letjend. Doni Monardo Ka. BNPB RI menyiapkan Helikopter untuk selalu siaga bilamana terjadi bencana utk menolong korban terdampak.

Bupati Gusti beberapa waktu lalu memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasi banyak kepada pemerintah Pusat dalam hal ini Ka. BNPB Letjend. Doni Monardo yang begitu besar perhatian dan bantuannya bagi Pemkab Manggarai Barat.

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.