Menu Close

Wakil Bupati Mabar Beri Bantuan 2,1 Ton Beras Bagi Korban Bencana di Kampung Genang

Labuan Bajo – Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, P. Hd melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Macang Pacar, sabtu (16/3).

Wabup Maria Geong melakukan kunjungan kerja ke wilayah itu dalam rangka menyerahkan bantuan sebanyak 2,1 ton bagi korban bencana banjir bandang yang melanda kampung Genang, desa Mbakung, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat beberapa waktu lalu.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan itu Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumo Wardono,. SIK, bersama Ketua Bayangakari Manggarai Barat, Plt. Kepala Satuan Pol PP Mabar Stefanus Salut, S. Sos, Kepala Bagian Kesra Setda Mabar Abdulah Nur, SIP, Kabid Sosial Ibrahim, Camat Masang Pacar Sarimin Malonde dan Tim Pengerak PKK Kecamatan Macang Pacar, bersama Muspicam Macang Pacar.

Wabup Maria Geong bersama rombongan diterima secara adat warga Genang di Kapela Genang Kampung Genang desa Mbakung Kecamatan Macang Pacar Manggarai Barat yang masih berada di kampung Genang.

Jumlah bantuan yang diserahkan oleh Pemkab Manggarai Barat untuk warga Genang sebanyak 2,1 ton beras serta bantuan lainya berupa jajan bagi anak sekolah di kampung itu.
Camat Macang Pacar Sarimin Malonde dalam sambutan menginformasikan, ada empat desa di Macang Pacar, posisinya ada di bantaran kali, sehingga setiap tahun ketika musim hujan tiba biasa berhadapan banjir, termasuk kampung Genang.

Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, P. Hd menginformasikan kepada warga setempat, selain terjadi di Genang,
Pada saat bersamaan ada bencana banjir juga terjadi di Nangga Nae, desa Macang Tanggar Kecamatan Komodo, dan bersamaan juga terjadi bencana tanah longsor di Kecamatan Mbeliling, dimana sebanyak 15 titik longsor di jalan Negara dan sebelas orang meninggal.
Demikian halnya juga akhibat bencana juga terjadi di desa Kombo Selatan satu orang juga korban meninggal. Dan juga di Nggilat terjadi banjir di Nggilat menimpa 86 kk di Nggilat.

Diakuinya terjadi Peristiwa bencana hampir menimpa seluruh Manggarai Barat. Sebanyak 64 kk di Genang mengalami musibah banjir.
Pada kesempatan itu Ibu Maria Geong menuturkan, Walaupun Pemkab datang terlambat untuk menyerahkan bantuan, itu semata karena banyaknya lokasi bencana. Kedatangan Pemkab Mabar sebagai bentuk rasa keperihatinan.

Diakuinya, Apapun bantuan yang di berikan tidak bisa menutupi kerugian yang dialami, Namun kehadiran Pemkab menunjukkan bahwa warga tidak sendirian dalam mengahadapi musibah ini. Musibah ini bukan hanya musibah di Genang, namun musibah kita bersama,tutur Maria Geong.

Bantuan yang di berikan berupa 2,1 ton beras dari Pemkab Mabar, ada mie instan, dan air mineral bantuan oleh warga Mabar. Dan penyerahan bantun itu bagi korban di berikan secara merata, katanya. “Kami betikan bantuan secara merata”.

Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumo Wardono, S. IK dalam sambutanya saat pemberin bantuan mengatakan, Bencana Yang datang harus di antisipasi. Bencana yang sering melanda kampung Genang Desa Mbakung Kecamatan Macang Pacar di harapkan kepada warga untuk selalu waspada terhadap berbagai munculnya bencana banjir yang selalu datang.

Walaupun ini menjadi biasa, sebaiknya warga harus antisipasi sedini mungkin, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, ujar Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumo Wardono, S, IK di dapanan warga kampung Genang Desa Mbakung .

Dirinya juga menguatkan warga, Jangan berkecil hati, karena sering mengalami bencana. Warga tidak sendirian, ada pemerintah bersama warga.

Kendati musibah banjir bandang melanda Genang sudah seminggu yang lalu, Namun tampak di disekitar pemukiman warga masih ada air, walaupun tidak banyak, Namun warga hawatir akan muncul penyakit, karena genangan air yang memicu adanya jentik nyamuk, ujar warga kepada Media ini. (Frumentius Amas/Syarif ab).

Leave a Reply

Your email address will not be published.