Menu Close

Wabup Yulianus Weng Kukuhkan Pengurus IWAPI Mabar dan Kabupaten Manggarai

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Wakil Bupati  Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng , M.Kes, mengukuhkan Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai periode 2022-2027.

Ia mengukuhkan secara resmi para pengurus yang diketuai M. Srikandi Ms. Latubatara dari Manggarai Barat dan Agustina Dula ( Titin Dula) dari Kabupaten Manggarai. Pengukuhan ini dilakukan setelah Para Pengurus dilantik oleh Ketua DPD IWAPI yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD NTT, Ince Sayuna D.P di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Rabu ( 26/10/2022) malam.

Wakil Bupati Yulianus Weng mengatakan, kehadiran IWAPI sebagai wadah berhimpunnya pengusaha Perempuan  untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga sangatlah strategis.

Menurutnya kendala yang dihadapi pelaku UMKM di Mabar saat ini masih sekitar ketersediaan SDM , akses perbankan dan Networking Bisnis .

Sebagai mitra strategis pemerintah kendati baru pertama kali terbentuk di Labuan Bajo, diharapkan organisasi ini mampu membantu para pelaku UMKM, untuk mendapatkan akses permodalan, dalam pengembangan SDM bidang bisnis dan networking/ jaringan bisnis.

Tiga hal tersebut menjadikan IWAPI sebagai mitra strategis untuk mengembangkan kesejateraan ekonomi rumah tangga. Pemerintah akan terus melihat perkembangan dari organisasi ini, apa yang telah dibuat oleh IWAPI untuk bangsa ini dan juga untuk daerah.

“Mari kita membangun kerjasama dengan penuh semangat menjadikan IWAPI Mabar untuk lebih mandiri, berkembang dan siap bersaing di pasar bebas. Serta mendongkrak kemajuan UMKM menuju Mabar Bangkit dan Mabar Mantap,”ajaknya.

Rakernas IWAPI 2023 Akan Dilaksanakan di Labuan Bajo

Sementara itu, ketua DPD IWAPI NTT, Inche Sayuna D.P menjelaskan, dalam kurun waktu tiga tahun terakir pihaknya sudah membentuk pengurus IWAPI di 17 kabupaten/ kota yang tersebar di seluruh Propinsi NTT.

Kami berkomitmen membantu pengusaha Perempun dalam bidang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), memperkuat jaringan dan membantu permudah akses mendapatkan modal kerja dengan melakukan MOU antara IWAPI dan Lembaga Keuangan.

” Harapanya kami bisa memperoleh akses dengan kelembagaan keuangan,” ujarnya .

Ince Sayuna menaruh harapan kepada dewan pengurus IWAPI DPC Manggarai Barat yang beranggotakan 55 orang dan pengurus IWAPI Kabupaten Manggarai untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memajukan pengusaha perempuan di Manggarai Raya sesuai marwah IWAPI.

Ia juga menjelaskan, sesuai hasil rakernas, sedikitnya ada lima Propinsi yang telah menawarkan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakernas IWAPI tahun 2023. Namun dalam kesepakatan Rakernas tersebut, para peserta lebih memilih Labuan Bajo Manggarai Barat.

Since memastikan sebanyak
1500 pengusaha perempuan yang berasal dari Indonseia dan sebagianya dari negara Asia Tenggara akan menghadiri Rakernas di Labuan Bajo .

” Saya minta seluruh pengurus yang sudah di lantik dan di kukuhkan, baik IWAPI Mabar maupun pengurus IWAPI Kabupaten Manggarai untuk bekerja keras menyambut event tersebut,” katanya .

Ketua pengurus IWAPI Manggarai Barat, Maria Srikandi MS. Latubatara mengatakan siap menjadi tuan rumah untuk sukseskan Rakernas tersebut. Kesediaan yang sama juga diamini ketua Pengurus Kabupaten Manggarai,Agustina Dula (Titin Dula).

Sedangkan Ketua Kamar Dagang dan Industri ( Kadin ) Manggarai Barat Charles Angliwarman merasa bangga, karena ibu-ibu sudah mulai berusaha untuk membantu keluarga dan ikut terlibat dalam pembangunan ekonomi di Mabar.

Charles Angliwarman berharap, melalui divisi yang ada dalam wadah IWAPI, produk UMKM di Manggarai Barat bisa di pasarkan di luar Negeri atau go Internasional.

” Agar bisa go Internasional, mari kita bangun kerjasama dengan KADIN,” ajaknya.

(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.