Menu Close

Wabup Yulianus Weng  Buka Kegiatan Uji Kompetensi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes, didampingi Sekda Manggarai Barat Drs, Fransiskus Sales Sodo, membuka kegiatan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau Jabatan Eselon II-B dilingkungan Pemkab Manggarai Barat, Rabu 23 Februari 2022 di hotel Luwansa Labuan Bajo.

Wabup Mabar dalam sambutannya mengatakan, hal pertama yang perlu dipahami  adalah, keberadaan ASN dalam birokrasi pemerintahan,  sebagai mesin yang merencanakan, dan menggerakkan jalannya roda pemerintahan.  Sehingga alur berpikir PNS adalah Organisasi Pemerintahan tergantung dari peran ASN tersebut.

“tujuan dari pelaksanaan uji kompetensi adalah, untuk mengetahui kompetensi teknis, kompetensi managerial, serta kompetensi sosiokultur dari ASN,” jelas Wabub.

Menurutnya, hal ini  senada dengan amanat undang-undang nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN,  bahwa dalam rangka pelaksanaan cita-cita bangsa dan mewujudkan tujuan negara,  sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD tahun 1945,  perlu dibangun aparatur sipil negara yang memiliki integritas, professional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat. Serta mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945.

Untuk mewujudkan hal itu menurutnya, maka perlu dilakukan sebuah pendekatan melalui proses uji kompetensi bagi setiap ASN. Kompetensi yang baik bagi ASN tentu akan membawa dampak kepada pencapaian kinerja yang baik pula.

“saya berharap dengan kegiatan ini, saudara akan menduduki jabatan sesuai dengan Kompetensi dan kualifikasi yang saudara miliki, dengan demikian saudara dapat meningkatkan prestasi dan kinerja sesuai dengan jabatan yang akan diemban. Kepada tim assessor untuk sama-sama dengan panitia seleksi memberikan uji kompetensi bagi peserta dengan hasil yang baik dan optimal,” harap Wabup Mabar Yulianus Weng

Lebih lanjut Wabup Mabar menegaskan bahwa, pelaksanaan uji kompetensi merupakan perwujudan dari pelaksanaan sistem Merit dalam manajemen ASN. Pelaksanaan sistem Merit melalui proses uji kompetensi dimaksud, akan berdampak pada kesesuaian antara kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan oleh jabatan dengan kompetensi dan Kualifikasi yang dimiliki oleh ASN tersebut.

Sehingga Prinsip The right man o the right place  dan the right Man on the right job dapat dilaksanakan dengan baik. Kepada para peserta uji kompetensi dalam rangka seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Wabup berharap agar peserta seleksi dapat menjalankan kegiatan ini dengan baik. Dan  Kepada tim assessor Wakil  Bupati menyampaikan agar bekerja sama dengan panitia seleksi dalam memberikan uji kompetensi, bagi peserta dengan hasil yang baik dan optimal.

“sehingga Prinsip right man o the right place (orang yang Tepat pada tempat yang tepat/sesuai) dan the right Man on the right job (orang yang tepat pada jabatan Yang tepat/sesuai) dapat dilaksanakan dengan baik,” tegasnya

Sebanyak 22  ASN Mengikuti Uji Kompetensi Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemkab Manggarai Barat-NTT

Sebanyak 22  ASN di Manggarai Barat, mengikuti Uji Kompetensi dalam rangka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Lingkup Pemkab Manggarai Barat-NTT.

Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemkab Manggarai Barat  yang sedang dilakukan seleksi terbuka ada 6 OPD. Yaitu Kepala Dinas Cipta Karya- Sumber Daya Air dan Tata Ruang, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Tanaman Pangan-Hortikultura dan Perkebunan, Kepala Badan Pendapatan Daerah,  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemkab Manggarai Barat terdiri dari; Pejabat internal Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat 2 orang, Pejabat eksternal dari Universitas Katolik lndonesia St. Paulus Ruteng selaku akademisi 2 orang dan pejabat eksternal selaku profesional 1 orang. Sedangkan Tim Uji Kompetensi atau ASSESSOR berjumlah 5 orang yang berasal dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pelaksanaan Uji Kompetensi atau Assessment oleh Tim uji Kompetensi  akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 23 s/d 26 Februari 2022. Sedangkan Pelaksanaan Uji Kompetensi Bidang dan wawancara Akhir oleh Tim Panitia Seleksi juga akan dilaksanakan Selama 4 hari dari tanggal 1 s/d 4 Maret 2022.

(Syarief-Tim IKP Kominfo Mabar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.