Menu Close

Wabup Mabar Minta Pengurus Perusahaan Terapkan Managemen K3

Labuan Bajo, Kominfo – Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengajak dan mendorong pengurus perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Manggarai Barat agar menerapkan Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkup perusahanya.

“Pelaksanaan K3 harus menjadi perhatian dan prioritas bagi dunia kerja di Manggarai Barat,” kata Yulianus saat menjadi inspektur upacara apel bulan keselamatan dan kesehatan kerja tingkat kabupaten Manggarai Barat di Water Front City (WFC), Rabu (8/2/2023).

Wakil Bupati Yulianus mengharapkan, pengurus perusahaan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran menerapkan norma ketenagakerjaan dengan membangun budaya K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja ) yang baik, menghindarkan kita dari resiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja.

“Ini harus menjadi komitmen dari kita semua untuk mewujudkan pekerjaan yang layak,” ujarnya.

Dijelaskanya, Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas dengan destinasi maritim yang beragam, belakangan ini banyak terjadi kecelakaan kerja di laut yang mengancam keselamatan pekerja maupun wisatawan.

Hal ini tentu berdampak buruk pada wajah pariwisata Labuan Bajo.

“Para pimpinan perusahaan yang pusat kegiatanya di laut harus mengutamakan prosedur K3 dalam beroperasi,” tegasnya.

Melalui momet tersebut, Wabup Yulianus Weng mengajak semua pemangku kepentingan untuk memaknai tema bulan K3 ‘Terwujudnya Pekerjaan layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja’.

“Mari kita tingkatkan komitmen agar bersama-sama melakukan akselerasi Labuan Bajo Berbudaya K3,” ajak dia.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UKM, Theresia P. Asmon menjelaskan, ada sejumlah rangkaian kegiatan apel K3 tingkat Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan itu diantaranya; pemeriksaan kesehatan bagi karyawan, pemeriksaan kanker serviks dan payudara khusus untuk karyawati, pemeriksaan gula darah serta kegiatan donor darah.

Sedangkan kegiatan Jumat mendatang, pihaknya menggelar senam sehat bersama seluruh jajaran perusahan dan OPD Manggarai Barat. Kegiatan yang baru pertama kali di laksanakan di Manggarai Barat terselenggara atas kerjasama PT Pelindo, BPJS Tenaga Kerja serta Zasgo Mart.

Usai menggelar Apel, Wabup Yulianus bersama rombongan meninjau secara langsung tempat kegiatan pemeriksaan gratis yang berlokasi di sisi Utara Water Front City Marina Labuan Bajo.( Frumen/Hans – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *