Menu Close

Wabup Mabar Apresiasi Proyek Percontohan PLN Untuk Layanan Listrik Tanpa Padam di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M. Kes, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak PLN yang telah meningkatkan kualitas pelayanannya di Manggarai Barat dengan Launchingnya proyek percontohan layanan listrik tanpa padam. Menurutnya dengan hadirnya proyek Percontohan Layanan Listrik Tanpa Padam di Labuan Bajo, kedepan sudah tidak ada lagi mati listrik di daerah Destinasi Pariwisata Super Prioritas ini.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati saat menghadiri Launching proyek percontohan layanan listrik tanpa padam atau Layanan Super Priority atau Zero Down Time (ZDT) yang diselenggarakan oleh PT. PLN UIW NUSA TENGGARA TIMUR UP3 FLORES BAGIAN BARAT, Selasa (22/02) di Hotel Sylvia Resort Komodo, Labuan Bajo.

“PLN dari hari kehari sudah meningkatkan kualitas pelayanannya. Selain di wilayah Labuan Bajo, PLN juga  sudah memperluas jaringannya hampir di seluruh desa di Manggarai Barat. Kami sudah merdeka, habis gelap terbitlah terang,” ungkap Yulianus Weng

Selain itu, dijelaskan Wabup Yulianus, apresiasi Pemkab Mabar juga disampaikan karena PLN bulan lalu telah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Labuan Bajo. Dan ini menjadi representasi dari provinsi NTT. Wabup mengakui, Pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ini merupakan salah satu bukti perhatian yang luar biasa dari pihak PLN, untuk daerah destinasi super prioritas Labuan Bajo. Apalagi, stasiun ini berkapasitas 50 ribu KV sementara ditempat lain hanya 25 ribu KV.

Wakil Bupati menambahkan bahwa kedepan banyak kegiatan bertaraf internasional diselenggarakan di Labuan Bajo.Diantaranya kegiatan pre event maupun site event G20 dan Asean Summit pada tahun 2023 mendatang. Untuk itu diharapkan PLN bisa mendukung secara full setiap kegiatan tersebut.“Kami berharap PLN bisa mendukung penuh kegiatan-kegiatan tersebut,” harap Wabup Yulianus.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, penerapan layanan  layanan listrik tanpa padam merupakan bentuk layanan premium dari PLN untuk mendukung program pemerintah, yang menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

Tak hanya itu, layanan ini juga disiapkan untuk menyambut para peserta KTT G20 pada 2022 dan ASEAN Summit di tahun 2023 nanti. Labuan Bajo telah dipastikan menjadi salah satu site visit peserta dalam pelaksanaan KTT G20.

“PLN diamanahi pemerintah untuk mengawal kesuksesan acara tersebut,” kata Darmawan.

Pelanggan pertama yang mendapatkan layanan listrik tanpa padam adalah Hotel Sylvia. Nantinya, pelanggan akan menikmati layanan penyaluran tenaga listrik dengan status terbaik dan terhandal dibandingkan dengan yang sudah ada.

“Dengan pelayanan listrik yang andal tanpa kedip di Labuan Bajo ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor dan negara-negara yang berkunjung terhadap kualitas pasokan listrik di Indonesia pada umumnya,” kata dia.

Senada penjelasan Direktur Utama PLN, Ketua Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo-Flores, Shana Fatina,  menilai langkah PLN dalam meningkatkan sistem kelistrikan di NTT, khususnya di Labuan Bajo mampu meningkatkan kepercayaan serta daya tarik investor untuk bisa masuk ke Labuan Bajo.

Alief Khunaefi, GM Hotel Silvia mengapresiasi penerapan layanan listrik tanpa kedip di Labuan Bajo. Langkah ini mampu meningkatkan layanan pelaku pariwisata kepada pelanggan.

“Apalagi, Labuan Bajo didapuk menjadi tempat pelaksanaan beberapa event internasional, sehingga peningkatan keandalan listrik mampu meningkatkan layanan perhotelan dan instrumen pariwisata lain kepada masyarakat,” ujar Alif.

Tidak hanya itu, Selain Hotel Silvia yang sudah energize PLN juga melakukan penandatanganan SPJBTL (Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik) Layanan Khusus ZDT atas nama Hotel La Prima dengan tarif daya layanan B3/555 KVA, Bintang Flores Hotel tarif daya layanan B3/345 KVA dan Hotel Jayakarta dengan tarif daya Layanan  B3/260 KVA.

Berikutnya 8 pelanggan yang akan menyusul Bandara Komodo, Terminal Multi Purpose Pelindo III, Rumah Sakit Siloam, Denny Square, PT Prima Pratama Citra, Plataran Komodo, PT Indo Ferry Property, PT Tribali Manunggal Jaya sebagai Pelanggan ZDT di NTT pada tahun 2022 ini.

(Syarif ab – Tim IKP Kominfo Mabar)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.