Menu Close

Wabup Mabar Ambil Bagian pada IFG Labuan Bajo Marathon 2022

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes turut serta meramaikan lomba lari IFG Labuan Bajo Marathon 2022, di kawasan DPSP Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (29/10).

Tampak terlihat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Stafsus 3 Menteri BUMN Aria Sinulingga, Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng dan Sekda Fransiskus Sales Sodo, para Deputi Kemenparekraf, para direksi Indonesia Financial Group (IFG) turut menjadi peserta IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

IFG Labuan Bajo Marathon menjadi event lomba lari perdana yang diselenggarakan oleh Mesa Race dengan sponsor utama Indonesia Financial Group (IFG) di kawasan destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo. Sebanyak 1.200 peserta dari seluruh Indonesia dan ada juga dari laut negeri dan mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat lokal Manggarai Barat

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, meskipun baru pertama kali digelar, ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan salah satu event bertaraf internasional yang mampu menghadirkan lomba marathon yang unik, menantang dan berstandar internasional.

“Saya ingin mengucapkan selamat bahwa Labuan Bajo memiliki lomba lari, karena saya sudah berlari di banyak destinasi unggulan seperti London, New York, maupun Boston. Ini mungkin satu level sama yang disebut sebagai World Major Marathon. Jadi ini walaupun lintasannya naik turun dan justru itu menjadi sebuah tantangan dan begitu sampai di puncak saya melihat pemandangan yang luar biasa indahnya,” kata Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap, IFG Labuan Bajo Marathon ini dapat dijadikan ajang tahunan, sehingga mampu menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Labuan Bajo dan mampu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Meskipun baru pertama kali digelar, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 memperkuat optimisme peluang sport tourism dan percepatan pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo. Pemerintah daerah juga berharap, ajang ini bisa dilakukan kembali tahun 2023.

“Saya ucapkan selamat atas penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Kami berterima kasih karena masyarakat di NTT akhirnya diberikan wadah untuk bisa mengasah kemampuan di bidang atletik, dan terutama karena perhelatan ini juga membangkitkan pariwisata dan perekonomian setempat. Kami berharap ajang ini bisa dilakukan setiap tahun, dengan cakupan peserta lebih luas lagi,” kata Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng.

Terdapat enam kategori yang dilombakan dalam “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”, yaitu Marathon, Half Marathon, 10 kilometer (10K), 5 kilometer (5K), Ekiden dan Kids Dash. Peserta marathon menempuh jarak 42,195 kilometer, sedangkan Half Marathon sejauh 21,1 kilometer.

(Syarif ab – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.