Menu Close

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Mabar Berjalan Dengan Lancar

Labuan Bajo, KominfoMabar – Proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Sinovac tahap pertama di Kabupaten Manggarai Barat berjalan lancar dengan selalu menerapkan protokol kesehatan disetiap tahapnya.
Ada 4 tahapan pada proses vaksinasi ini, pada tahap pertama, penerima vaksin harus melakukan pendaftaran, tahap ke dua harus melakukan screening dan anamnesa. Di tahap ini, penerima vaksin akan diperiksa secara detail dengan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan untuk mengetahui orang tersebut layak menerima vaksin atau tidak.
Jika lolos di tahap dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona melalui suntikan intramuskular di lengan bagian kiri atas dengan menggunakan alat suntik sekali pakai.
Usai disuntik, tahap selanjutnya adalah observasi, dimana penerima vaksin harus menunggu selama 30 menit. Observasi bertujuan untuk memantau gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau KIPI (Kejadin Ikutan Pasca Imunisasi).
Vaksinasi tahap pertama ini diikuti Plt. Sekda Manggarai Barat Ismail Surdi, Forum Komunikasi Pimpinan Manggarai Barat (Forkompinda), tokoh adat, tokoh agama dan tenaga kesehatan, Rabu (03/02) di Puskesmas Labuan Bajo Manggarai Barat.
Sekda Mabar Ismail Surdi dalam testimoninya mengatakan bahwa tidak merasakan gangguan apapun setelah 40 menit disuntik vaksin.
“Saya salah satu yang menerima vaksin tahap pertama, setelah 40 menit berlalu , saya merasa tidak ada gangguan, baik-baik saja, tidak ada keluhan sampai saat ini,” kata sekda Mabar
Sekda Ismail menghimbau agar masyarakat menghilangkan keraguan terhadap keamanan vaksin sinovac tersebut.
Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat (Kajari Mabar), Iqbal, SH,MH yang juga divaksin tahap pertama ini mengaku tidak merasakan gejala apapun usai penyuntikan vaksin.
Oleh karena itu Kajari Iqbal menghimbau kepada masyarakat yang masih ada keraguan terhadap efek samping vaksin sinovak untuk tidak takut terhadap vaksin sinovac, vaksin tersebut Aman dan Halal.
“Meskipun vaksinasi telah dilakuakn, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan melalui 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak) demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap Kajari Mabar Iqbal.
(Mckabmanggaraibarat/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.