Menu Close

Upacara Peringatan HUT ke 17 Manggarai Barat berlangsung Khitmat.

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Bupati Manggarai Barat Drs. Agstinus Ch.Dula (Bupati Gusti) memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-17 Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (25/2) di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat.

Upacara HUT ke 17 berlangsung Khitmat dan diikuti oleh para pejuang pembentukan Kabupaten Manggarai Barat, Wakil Bupati drh. Maria Geong, Ph.D, Ketua DPRD Mabar, Penjabat Sekda Mabar, Para Asisten,

Pimpinan OPD, Forkopimda, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, Pimpinan Politeknik El Bajo, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Persit Candra Kirana, Ketua Bhayangkari, Ketua GOW serta undangan lainnya.

Peserta upacara mengenakan busana adat khas Manggarai terdiri dari OPD,TNI/POLRI, pelajar dan undangan lainnya.

Bupati Agustinus dalam amanatnya menyampaikan rasa hormat dan trima kasih kepada tokoh pejuang pemekaran Kabupaten Manggarai Barat. “Saya menyampaikan terimakasih atas semangat pengorbanan dan keikhlasan yang telah dicurahkan ketika mengabdi di Manggarai Barat,” kata Bupati Gusti

“Labuan Bajo sebagai magnet wisata, kita ciptakan kota yang bersih,rapi dan asri bersama masyarakat dan staekholder lain, Untuk itu mari kita bebaskan Labuan Bajo dari sampah”katanya.

Menurut Bupati dua periode tersebut, sampah memang menjadi momok bagi lingkungan kehidupan dan bagi kota pariwisata. Untuk itu budayakan buang sampah ditempat sampah.
Lautan pantai kita jangan jadikan tong sampah. “Mari kita menjaga laut tetap membiru dan terumbu karang yang indah,” ajak Bupati Gusti.

Bupati menambahkan, kita harus peduli dan tanggap dengan permintaan pemerintah pusat untuk tidak lagi menggunakan tas kresek, tetapi menggunakan tas yang dipakai secara permanen.

Bupati juga menyampaikan berbagai prestasi yang dicapai selama tahun 2019 diantaranya Manggarai Barat meraih rangking satu Tingkat propinsi NTT terhadap hasil evaluasi atas kinerja kerja instansi pemerintah dan meraih tiga besar Tingkat nasional. Capaian kinerja laporan keuangan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat tahun anggaran 2019 dengan opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Meraih juara satu LPPD untuk Tingkat Propinsi NTT, penghargaan untuk kedua kali yakni 2019-2020 karena kategori pencairan dana desa tercepat. “Saya minta kepala desa bekerja dengan baik”harap Bupati Gusti Dula.

Di bidang produksi padi, sampai dengan akhir 2018 sebanyak 303.535,3 ton, artinya mengalami surplus 83,2 persen, terkait hal tersebut pemerintah Manggarai Barat telah melakukan MOU dengan Kabupaten Lembata untuk membeli beras dari Kabupaten Manggarai Barat.

Produksi sayur 2018 3.306 ton dan buah-buahan 6.729 ton, Pemerintah Manggarai Barat bersama Kabupaten induk Manggarai berencana akan membangun mesin pendingin untuk menampung sayur dan buah-buahan untuk disuplay ke hotel-hotel dan restoran di Labuan Bajo.

Demikian juga jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo terus meningkat. Jumlah kunjungan wisatawan sampai 2019 sebanyak 161.749 orang dengan lama tinggal 7,4 hari. “Ini suatu perubahan lama tinggal yang luar biasa,” tegasnya

Bidang pemuda dan olahraga Mabar mampu mengirimkan 2 orang atlit siswa SMK yang lolos kualifikasi PON di Papua pada bulan September 2020 yang akan datang.
Bantuan pemerintah pusat untuk Manggarai Barat begitu besar diantaranya berupa Helikopter BNPB, kapal sampah, kapal air minum bersih dan dalam waktu dekat akan ada bantuan berupa kapal selam.

Usai peringatan HUT, dilanjutkan penyerahan hadiah kepada para pemenang dari berbagai cabang olahraga yang telah dipertandingkan untuk memeriahkan pelaksanaan peringatan HUT Kabupaten Manggarai Barat Ke-17 tahun 2020.

Sehari sebelumnya, Senin (24/2) dilaksanakan prosesi perasaan Undang-Undang pembentukan Kabupaten Manggarai Barat menggunakan kendaraan hias mengelilingi kota Labuan Bajo yang melibatkan seluruh OPD, sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, LSM, Instansi Vertikal serta Paguyuban.

(Yustinus Penghibur/ Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.