Menu Close

Sinergi Pengembangan Potensi Ekonomi di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo

LABUAN BAJO, 3 Desember 2019– Kementiran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM ) selenggarakan silahturahmi antara UMKN dan Koperasi yang dikemas dalam acara sinergi pengembangan potensi ekonomi di kawasan pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat Manggarai Barat.

Acara yang di hadiri 1000 Orang dari pelaku UMKN dan koperasi di Manggarai Barat dan luar Manggarai Barat berlangsung ďi halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Selasa (3/12) 2019.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dalam sambutanya yang di bacakan oleh Deputi Bidang produksi dan Pemasaran kementrian Koperasi dan UKM Viktoria Br. Simanungkalit (Deputi Viktoria) mengatakan presiden joko widodo telah menetapkan Labuan Bajo menjadi destinasi super prioritas di Indonesia, katanya

Di Labuan Bajo tuhan sudah menciptakan alam yang indah diantaranya laut dan gunung serta budaya dan produk tenunan yang di desain warna yang eksotis, serta tànaman pertanian misalnya Kopi dan dan jambu mente yang terkenal sampai mancanegara.

“segala potensi ini perlu di kembangkan secara berkesinambungan dengan melibatkan banyak pihak serta berkolaborasi agar produk yg di hasilkan dapat memenuhi permintaan dan selera konsumen yang sesuai dengan standart Global,” katanya

Untuk itu, untuk mendukung pencapaian obyek wisata premiun di labuan bajo, pihaknya membangun kesepkatan bersama dengan mengerakan KUKM di Flores dengan menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas untuk menujang wisata premium, tegasnya.

Lebih lanjut menteri Koperasi dan UKM meminta Dekopinda dan Perbankan termasuk kopdit kopdit besar di NTT agar berkolaborasi sesuai dengan kompetensi masing-masing dalam rangka memberikan dukungan dan fasilitas agar produk dan UMKM di Manggarai Barat bisa di terima oleh wisatawan baik lokal maupun Manca.

“Sebagai Kolaborasi awal antara kementrian/lembaga, perbankan, dan stakholder yang mendukung kegiatan ini di lakukan kegiatan berupa penadatanganan MOU anatara LPLB -KUMKM dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, penyaluran KUR oleh koperasi Obor Mas dan Perbankan, Penyerahan Bantuan Rombong dari Koperasi kelautan dan perikanan Indonesia. Bantuan Mesin pengolah ikan dari Bank Republik indonesia (BRI) serta penyerahan Hak Cipta kepada UMKM, tandasnya.

Sementara Itu Bupati Manggarai barat Drs.Agustinus Ch.Dula (Bupati Gusti) pada saat membuka kegiatan menyampaikan selamat datang kepada rombongan kementrian Koperasi dan UKM. sekaligus meneyampaikan terimakasih kepada Pemerintah pusat karena serius memperhatikan kabupaten Manggarai Barat yg terkenal dengan Komodonya.

Lanjut Bupati Gusti, Pemerintah pusat melalui kementrian Koperasi dan UKM sudah memberikan banyak perhatian misalnya bantuan mesin pengolah ikan dan juga Rombong untuk pelaku UMKM.

Kepada penerima Bantuan, Bupati Gusti mengharapkan àgar bantuan ini di maanfatkan sebaik baiknya.

Pada akhir kegiatan, seluruh pelaku UMKM dan koperasi beserta seluruh pejabat baik pusat maupun Daerah minum kopi Manggarai secara bersama sebagai tànda membuka sinergi kegiatan kementrian Koperasi dan UMKM.

(Valent Abu/ Syarif ab)
Foto: HumasPro Mabar

Leave a Reply

Your email address will not be published.