Menu Close

Satu Tahun Kepemimpinan, Bupati Edi Endi- Wabup Yulianus Weng Berkomitmen Mengejar Ketertinggalan

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Hampir 2 Tahun Pandemi Covid 19 melanda Negara Indonesia termasuk Kabupaten Manggarai Barat. Situasi pandemi menjadi tantangan terbesar saat ini. Cukup banyak dampak dari pandemi covid-19, terutama berdampak pada pengangguran meningkat, pertumbuhan ekonomi menurun, Pendapatan Per Kapita Masyarakat Rendah dan lain-lain.

Namun Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE, mengingatkan bahwa Kabupaten Manggarai Barat adalah daerah yang memiliki potensi besar. Potensi yang bukan diukur dari bentangan alamnya, bukan diukur dari jumlah penduduknya, bukan diukur dari hasil-hasil buminya, melainkan potensi itu dilihat dari sejarah berdirinya daerah kita yang kini telah berusia 19 tahun.

Potensi ini menurut Bupati dilihat sejak kabupaten Manggarai Barat disebut sebagai Kabupaten Pemekaran Baru pada tahun 2003 hingga menjadi Kabupaten Manggarai Barat sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas saat ini.

Untuk itu, upaya mengejar ketertinggalan sebagai dampak Pandemi Covid 19, Bupati Manggarai Barat menegaskan agar terus bergerak mengejar ketertinggalan pada seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan.

“Kita harus bangkit untuk mewujudkan Manggarai Barat yang Mantap”, tegasnya.

Menurut Bupati Edi, Untuk mewujudkannya perlu melakukan tindakan- tindakan yang luar biasa, agar Kabupaten Manggarai Barat tidak jauh tertinggal dari wilayah-wilayah maju lainnya.

“Harus dilakukan pembenahan pada bidang-bidang penggerak ekonomi daerah seperti bidang pariwisata, bidang pertanian, perkebunan dan perikanan, bidang infrastruktur dasar masyarakat, bidang Reformasi Birokrasi,” Kata Bupati Manggarai Barat NTT Edistasius Endi pada acara Syukuran perayaan ulang tahun ke-19 Kabupaten Manggarai Barat dan Peringatan 1 ( satu) tahun kepemimpinan Bupati Edistasius Endi dan Wakil Bupati Yulianus Weng,di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Sabtu (26/2)2022).

Pada kesempatan ini, Bupati Edi Endi menjelaskan beberapa hal yang sudah dan akan dilakukan di dalam masa kepemimpinannya bersama Wabup dr. Yulianus Weng yakni;

Pertama, Meningkatkan kualitas infrastruktur dasar untuk menopang pemulihan ekonomi. Ini merupakan Langkah awal yang perlu dibenahi. Hal ini akan memberikan dampak terhadap perputaran roda perekonomian wilayah.

“Langkah strategis yang sudah dilakukan adalah dengan melakukan pinjaman daerah dan peningkatan alokasi dana Transfer Khusus dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah,” jelasnya.

Ditambahkannya, hal ini sedikit meringankan Langkah pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan. Ke depan Bupati dan Wakil Bupati bersama unsur pemerintahan lainnya akan terus mengejar peluang pendanaan- pendanaan lainnya baik yang berasal dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun yang berasal dari kekayaan alam kabupaten Manggarai Barat.

Kedua, mewujudkan sektor pariwisata yang mensejahterakan dan memperkuat dampak baik pariwisata bagi berbagai sektor. Ini bukanlah suatu konsep yang mudah untuk direalisasikan. Perlu tahapan-tahapan yang matang yang harus disiapkan. Mulai dari proses di hulu hingga ke hilir, dari sektor produksi sampai kepada sektor konsumsi.Dan harus mampu dipetakan dengan baik.

“Makanya saya katakan, tidak bisa dilakukan dengan cara yang monoton. Saat ini kami sudah memulainya dengan mempersiapkan sumber daya manusia kita melalui kegiatan worskhsop talenta-talenta muda digital, agar mampu berkompetisi di era digiltalisasi, melakukan komitmen dengan beberapa industri pariwisata terhadap penyerapan tenaga kerja lokal, dan pelatihan ketenagakerjaan bagi pekerja di bidang industri pariwisata,” sambung Bupati.

Dikatakan, Kedepan Pemkab Mabar akan terus mendorong adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan terhadap pelaku pariwisata, petani, peternak dan UMKM agar pariwisata terus mampu menghidupkan roda perekonomian di wilayah Mabar.

Bupati Edistasius Endi diakhir sambutannya menyampaikan atas nama pribadi dan atas nama Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes, mengucapkan terima kasih kepada Forkompimda, DPRD, Gereja, Ketua MUI, Tokoh Agama lainnya, Lembaga BUMN dan BUMD , Instansi vertikal di Kabupaten Manggarai Barat dan mitra kerja lainnya serta masyarakat Manggarai Barat yang telah bersama-sama berdinamika dan menemani satu tahun perjalanan kepemimpinan mereka.

“Apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya saya dan pak Dokter Weng berikan khusus kepada seluruh ASN di kabupaten Manggarai Barat. Kami yakin, banyak keluhan, ocehan dan omelan yang keluar dari kalian semua karena begitu banyak waktu, tenaga dan pikiran yang tersita untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Suka atau tidak suka, kita harus memulainya dari sekarang.
Tingkatkan terus sinergitas kita untuk mewujudkan “MABAR BANGKIT MABAR MANTAP”ucap Bupati Edi.

Turut hadir pada perayaan Ulang Tahun ke19 Kabupaten Manggarai Barat dan genap 1 ( satu) tahun kepemimpinan Bupati Edistasius Endi dan Wakil Bupati Yulianus Weng, diantaranya Uskup Ruteng Mgr .Siprianus Hormat, Pr,Vikjen Keuskupan Ruteng RD.Alfons Segar,Pr, Vikep Labuan Bajo RD.Richar Mangu,Pr, unsur Forkompimda Mabar,Tokoh Agama,tokoh Masyarakat serta elemen masyrakat lainnya.**

(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.