Menu Close

Sambut Bulan Suci Ramadhan PKK Mabar Bersihkan Masjid

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Manggarai Barat NTT menggelar bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Jumat (01/04/2022).

Kegiatan TP- PKK ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PKK terhadap umat beragama. Baksos PKK tersebut dilaksanakan dengan membersihkan Masjid Al-Fallah yang terletak di Wae Mata Desa Gorontalo, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Barat, Ny.Trince Yuni Endi yang adalah istri Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan bhakti sosial merupakan salah satu program kerja TP-PKK Mabar. Selain untuk menjalankan program kerja TP-PKK, hal yang paling mendasar adalah untuk menjalin toleransi hidup umat beragama.

“Kami wujudkan toleransi itu melalui kegiatan membersihkan tempat ibadah seperti Masjid, Gereja, Pura dan tempat ibadah lainya,” ujar Ny.Trince Yuni Endi
saat membersihkan Masjid Al- Fallah Wae Mata Labuan Bajo.

Dirinya menjelaskan. melalui pokja yang ada , TP-PKK Kabupaten Mabar secara bergilir membersihkan Rumah Ibadat Umat Beragama di Labuan Bajo NTT. Kegiatannya dimulai hari ini di Masjid Al- Fallah.

“Menyambut pembukaan puasa 1443 Hijriah, kami membersihkan Masjid dengan mengepel Masjid bagian dalam serta membersihkan halaman sekitar masjid,” jelasnya.

Selain itu, TP-PKK juga melakukan kegiatan yang sama di Gereja- Gereja yang tersebar di Labuan Bajo. Apalagi secara kebetulan moment Ibadah Puasa dan Masa Pra Paska bagi umat Katolik dan Kristen waktunya hampir sama .

Sementara itu di tempat yang sama wakil ketua TP- PKK Manggarai Barat, Ny.Melly Weng mengharapkan agar kegiatan ini terus berlanjut di waktu – waktu mendatang .

Dijelaskannya, melalui kegiatan membersihkan Tempat Ibadah akan membangun kesadaran umat beragama untuk ikut menjaga lingkungan yang bersih.

“Ini juga bagian dari dukungan kita menyambut G-20. Penunjukan Labuan Bajo sebagai salah satu venue penyelenggara Side Event Presidensi G-20 (Group of Twenty) atau forum kerja sama multilateral 19 negara utama dan Uni Eropa,harus benar – benar kita siapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu bentuk dukungan menyambut G20 yakni dengan aktif membersihkan kota Labu Bajo. Dengan partisipasi seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan akan mensukseskan pelaksanaaan Side Event G-20 di Labuan Bajo.

Ia menambahkan, Kota Labuan Bajo harus tetap bersih agar limpahan tamu yang nantinya datang di kota ini merasa betah dan nyaman.

Dirinya berharap, agar kegiatan seperti ini jangan hanya sesaat saja. Tetapi dijadwalkan sebulan sekali atau dua bulan sekali. Karena TP PKK Mabar juga banyak melakukan kegitan lain yang mengambil hati jumat sebagai hari bhakti Sosial.

Kegiatan PKK itu mendapat renspons positif dari pengurus Masjid Al-Fallah. Pengurus masjid berharap PKK tetap membangun kerjasama untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya merawat kebersihan lingkungan dan menjalin toleransi**
(Hans-Tim IKP Mabar).

 

 

 

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.