Menu Close

ROAD SHOW PERPUSTAKAAN NASIONAL DI ADAKAN DI LABUAN BAJO

LABUAN BAJO – Perpustakaan nasional RI bekerjasama dengan Dinas perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat mengadakan Road show di Aula Setda manggarai barat Kamis siang, (29/11/2018). Tema yang diangkat dalam Roadshow perpustakaan adalah  Wujudkan Indonesia Cerdas.

kegiatan ini diwarnai dengan kegiatan Lomba Menggambar bagi anak SD, lomba mewarnai bagi anak TK, lomba menulis surat kepada Bupati bagi Anak SMP, dan lomba Poster bagi anak SMA.

Lomba ini diikuti oleh 250 peserta. Selain Road show kegiatan ini diisi dengan Talkshow dengan mengundang beberapa narasumber diantaranya Pater Marselinus Agot,SVD sebagai budayawan, Servam Maksimilianus  sebagi penulis buku dan juga jurnalis, dan Duta Literasi Indonesia, Alma Putri Dea.

Acara ini dibuka oleh Sekertaris Utama Perpustakaan Nasional, Sri Sumekar dan juga dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, Drh. Maria Geong,Ph.D

Dalam sambutannya Wakil Bupati Maria Geong mengatakan, jumlah kunjungan ke perputakaan Managgari Barat mencapai 4.824 kunjungan, sementara jumlah kunjungan perpustkaan keliling pada tahun 2017 mencapai 3823 pengunjung. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah angka Melek huruf (AHM) yang mencapai 95,28 persen. Dari angka statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan perpustakaan Manggarai Barat belum mendapatkan tempat yang layak.

Untuk mengatasi masalah tersebut  Pemda Manggarai Barat  sudah mengeluarkan perda tentang pengeloaan perpustaakan yakni perda nomor 7 tahun 2018. Selain itu juga, Wakil Bupati Maria Geong menyampaikan terimakasih kepada Pejabat dari pepustaakaan Nasional RI karena Manggarai Barat yang kedua dijadikan sebagai tempat kegiatan berskala Nasional ini.

Sementara itu Sekertaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Sri Sumekar mengatakan, tujuan utama kegiatan Roadshow ini  adalah untuk  mensosialisasikan literasi dan pentingnya literasi dan kalau ada daerah atau sekolah yang membutuhkan buku untuk baca pihaknya dapat memberikan bantuan buku dengan mengajukan proposal. (Valent Abu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.