Menu Close

Ribuan Warga Hadiri Pembukaan Festival Golo Koe, Paguyupan Lintas Agama Ramaikan Parade

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Ribuan warga dari 86 Paroki yang ada di Keuskupan Ruteng bersama paguyuban lintas agama yang ada di Manggarai Barat dan warga Labuan Bajo hadir pada pembukaan Festival Golo Koe di Water Front City (WFC) Kawasan Marina Labuan Bajo, Senin 8 Agustus 2022.

Kegiatan pembukaan Festival Golo Koe berlangsung sangat meriah diawali dengan parade yang diikuti oleh 86 Paroki bersama utusan lembaga Pendidikan dan beberapa perwakilan paguyuban yang ada di Labuan Bajo.

Defile dimulai dari lapangan Parkir Kampung Ujung Labuan Bajo menuju Water Front City Marina Labuan Bajo. Utusan dari masing masing paroki dipimpin oleh masing-masing Pastor Paroki, serta menyampaikan slogan dari setiap Paroki melalui yel-yel saat parade.

Dan yang lebih menarik dalam Parade yang dimeriahkan Drumband SMAK St. Ignatius Loyola dan MAN Labuan Bajo diikuti beberapa paguyupan lintas agama, termasuk dari rombongan umat Paroki Noa Mbeliling juga hadir bersama perwakilan umat Islam.

Setiba di Water Front City dilakukan penerimaan adat melalui tuak curu dan manuk kapu oleh Panitia Festival Golo Koe untuk Beberapa Romo Vikep di Keuskupan Ruteng mewakili seluruh peserta yang hadir dalam even bersama beberapa tokoh  lintas agama.

Usai penerimaan secara adat dilanjutkan dengan suguhan tarian ‘Tiba Meka’ yang dibawakan oleh ratusan siswa Seminari Yohanes Paulus Labuan Bajo.

Setelah Tarian Tiba Meka, dilanjutkan Doa Pariwisata Holistik secara bersama- sama, penyampaian sambutan yaitu sambutan Wakil Bupati Manggarai Barat dan sambutan Uskup Ruteng. Acara pembukaan ini terus berlangsung hingga jam 10.30 dimeriahkan atraksi beberapa sanggar budaya dan konser Artis Nasional asal Manggarai, Ivan Nestorman.

Sementara itu, dengan kehadiran ribuan masyarakat di Water front City Kawasan Marina Labuan Bajo, tampak sejumlah Pedagang Kaki Lima menjual minuman seperti minuman dan berbagai jajanan.

Yohan, salah seorang pedagang menuturkan sangat senang adanya even festival Golokoe, karena ada banyak yang datang dan membeli minuman yang di jualnya. “semoga beberapa hari ke depan lebih baik lagi,” harapnya.

(Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.