Menu Close

Rakor SP2020 tingkat Kabupaten Manggarai Barat tahun 2020.

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong Ph.D (Wabup Maria) membuka secara resmi Rapat Kordinasi Sensus Penduduk Online (SP2020) tingkat Kabupaten Manggarai Barat yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) Manggarai Barat, Selasa (17/3) di aula Kantor Bupati Manggarai Barat.

Wakil Bupati Manggarai Barat dalam arahannya meminta semua kepala OPD

hingga camat agar semua ASN dan tenaga kontrak segera melakukan sensus penduduk secara online dan pastikan tanggal 31 maret semua sdh tercatat secara online.

Wabub Maria menambahkan peran aktif ASN dan pihak swasta serta masyarakat Manggarai Barat sangatlah penting dalam menyukseskan sensus penduduk kali ini dengan memberikan data kependudukan.

Sementara itu Kepala BPS manggarai barat Yosef Danu.S.SI mengatakan tujuan kegiatan rakor ini untuk mengevaluasi kegiatan sebelumnya sehingga bisa berkolaborasi antara BPS dan Pemkab Manggarai Barat misalanya OPD, Camat hingga Desa.

Adapun tujuan sensus penduduk tahun 2020 untuk menyediakan data jumlah distirbusi komposisi dan karakteritim data menuju satu data kependudukan indonesia. Dan dasarnya hukum pelksanaanya adalah UU No.16 tahun 1997 tentang statistik, PP no 51 Tahun 1999 tentang penyelenggaran statistik, world population dan Housing programe (setiap negara harus melakukan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali) dan Pepres no 39 tahun 2019, ujar Yosef Danu

Untuk Kabupaten Manggarai Barat dalam sensus penduduk kali ini dirinya memastikan tidak satupun warga Manggarai Barat yang terlewatkan pada pencatatan pada bulan Juli tahu 2020 mendatang melalui sensus penduduk wawacara.

Untuk sensus pendududuk online yg di mulai tgl 15 Februari s/d 31 Maret Respon warga sangat tinggi sekali, itu karena peran ASN dan Tenaga Kontrak baik di tingkat Kabupaten hingga Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Target sensus penduduk online di manggarai barat 6000 KK dan yang sudah baru mencapai 3000 KK.

“Untuk mencapai target tersebut pihak BPS akan membantu dengan menurunkan petugasnya datang setiap Dinas dan Kantor untk mencatat secara online,” Pungkasny.

Usai Rakor dilanjutkan dengan penyerahan piagan penghargaan kepada beberapa Kecamatan dan Desa yang Respon Progres Sensus Penduduk Online (SP2020), diantaranya Kecamatan Komodo, Lembor, Kuwus, Ndoso dan Welak.
Sementara untuk tingkat desa dan kelurahan antara lain kelurahan Waekelambu, desa Batu Cermin, desa Semang dan desa Tehong.

Kegiatan diakhiri dengan Penandatangan komitmen bersama menyukseskan sensus penduduk tahun 2020, oleh wakil Bupati Manggarai Barat, Sekda Mabar, Wakapolres Mabar dan Kepala BPS Mabar serta pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa.

Hadir dalam kegiatan ini, Penjabat Sekda Mabar Ismail Surdi, Asiten II Martinus Ban, Forkompinda Mabar, Kepala OPD serta Camat sekabupaten Manggarai barat.

(Valent Abu/ Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.