Menu Close

Rakor dan Sosialisasi Kewaspadaan Menghadapi Novel Coronavirus (Covid-19)

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Kewaspadaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (Covid – 19) di pimpin langsung Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D didampingi kepala dinas kesehatan Manggarai Barat Paulus Mami, Selasa (25/2) di Ruang Rapat Bupati Manggarai Barat.

Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong Ph.D (Wabup Maria) dalam arahannya mengatakan,

dengan memperhatikan penyebaran virus yang mematikan ini maka sangat di butuhkan sistem kewaspadaan dini dari berbagai pihak, yang tidak menutup kemungkinan menyebar di Labuan Bajo Manggarai Barat karena menjadi daerah pariwisata dunia.

“untuk itu perlu kiranya dilakukan sosialisasi kewaspadaan menghadapi infeksi Novel Coronavirus (Covid – 19) seperti sekarang ini untuk mengantisipasi sejak dini jika lau terjadi didaerah kita,” kata Wabup Maria

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paulus Mami menjelaskan Novel Coronavirus (Covid – 19) dinyatakan oleh WHO sebagai kasus tinggi di Tiongkok, r global dan global sehingga negara-negara harus meningkatkan kwsiapsiagaannya.

Sampai hari ini tanggal 25 Februari 2020 jam 10.00 Wita terdapat 80.146 kasus dilaporkan dengan 2.699 kematian, dari sekian penderita yang terinfeksi virus Corona ada 27.563 orang dinyatakan sembuh.

Kasus penyebaran diluar Cina yang dilaporkan berasal dari 30 negara yaitu Mainland Cina, Japan, Thailand, Singapura, Hongkong, South Korea, Australia, Germani, Taiwan, US, Macau, Malaysia, France, Vietnam, United Arab Emirates, Canada, Italia, Russia, Filipina, India, UK, Nepal, Combidia, Spain, Finlandia, Swedia, Sri Langka, Belgium, Egypt, dan Diamond Princes.

“dari informasi tersebut, sosilisasi ini menjadi penting bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona dan mengoptimalkan peran masing-masing pihak dalam menanggapi isu penyebaran virus Corona di Manggarai Barat,” jelanya

Paul Mami menjelaskan telah melakukan rapat koordinasi beberapa waktu yang lalu dengan sektor kesehatan (RSUD Komodo, RS Siloam, KKP, Puskesmas Labuan Bajo, dr. Spesialis penyakit dalam, dr. Spesialis anak dan dr. Spesialis kandungan untuk persiapan menghadapi infeksi Covid – 19.

Kegiatan ini diikuti unsur Forkompinda Mabar, Direktur RSUD Pratama Komodo, Direktur RS Siloam, Pimpinan OPD terkait, Kantor Keimigrasian, KKP, Kepala Puskesmas Labuan Bajo dan undangan lainnya.

(Prokompim Mabar/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.