Menu Close

Puskesmas Labuan Bajo Gelar PKJ Kelompok Usia 15 Tahun Keatas

Labuan Bajo, Kominfomabar – Puskesmas Labuan Bajo Manggarai Barat menyelenggarakan kegiatan Pengukuran Kebugaran Jasmani (PKJ) Pada Kelompok usia 15 Tahun Keatas dan Lansia, Sabtu (22/05).
PKJ adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menilai atau mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran dan mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya.
Kepala Puskesmas (Kapus) Labuan Bajo Vincensius Paul menjelaskan pelaksanaan PKJ pada hari ini targetnya diikuti 24 orang dan dibagi dalam dua kategori yaitu kategori kelompok umur 15 sampai dengan 59 tahun dan kelompok umur 60 tahun keatas (lansia).
Dikatakannya PKJ adalah pengukuran untuk mengetahui kemampuan tubuh menyesuaikan beban fisik yang diterima tanpa adanya gangguan atau kelelahan yang berlebih.
“Tujuan pengukuran kebugaran ini adalah untuk mengetahui keadaan awal tingkat kebugaran jasmani lansia sebagai acuan untuk memberikan rekomendasi latihan fisik selanjutnya. Kegiatan ini rencananya akan dilakukan setiap 3 bulan sekali atau disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan,” ucapnya.
Kapus Labuan Bajo yang biasa disapa Vincent Paul berharap kegiatan ini berdampak pada kesehatan jasmani maupun rohani serta menurunkan resiko penyakit tidak menular pada lansia masyarakat Manggarai Barat.
“Kegiatan PKJ ini, didampingi dan dipandu langsung oleh Tim Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Labuan Bajo, diharap kegiatan ini berdampak pada kesehatan jasmani maupun rohani serta menurunkan resiko penyakit tidak menular pada lansia,” harapnya.
Lokasi kegiatan Kompleks Gua Firdaus Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Komodo Manggarai Barat. Sasaran yang ikut PKJ pada kegiatan kali ini adalah 24 orang, tapi karena ada 9 orang sasaran yang terlambat sehingga jumlah yang ikut PKJ hanya 15 orang, dengan status kebugaran 2 orang baik, 9 orang cukup dan 4 orang lainnya kurang.
Turut mendampingi peserta Test Kebugaran Pelaksana Program Kesehatan Kerja dan Olahraga, Perawat Genoveva Saina, A.Md.Kep dan Pelaksana Program Lansia, Perawat Emerensiana Jaiman, A. Md. Kep.
(Kominfomabar/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.