Menu Close

Prosesi Akbar Maria Assumta Nusantara Festival Golo Koe, Diikuti Ribuan Umat

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Ribuan umat Katolik dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat se- Keuskupan Ruteng mengikuti Prosesi Akbar Maria Assumta Nusantara Festival Golo Koe, Minggu (14/8/2022).

Diantara ribuan umat, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE beserta Ny. Trince Yuni Endi dan Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes yang juga sebagai Ketua Umum Festival Golo Koe beserta Ny. Mely Weng mengikuti prosesi perarakan Patung Bunda Maria Asumta Nusantara yang dipimpin langsung oleh Yang Mulia Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat.

Dilaporkan, detik- detik menjelang pelaksanaan ibadat pembukaan di gereja Stella maris Labuan Bajo sempat diguyur hujan. Kendati diawal perarakan suasana kota Labuan Bajo hujan, namun tak menyurutkan niat ribuan umat dari berbagai kalangan, untuk datang menyaksikan dan mengikuti prosesi perarakan di laut dan di darat.

Prosesi ini diawali ibadat pembukaan di gereja Stella Maris lalu dilakukan perarakan Patung melalui Laut melalui dermaga TPI di hantar dengan beberapa Tarian penyambutan. Diantaranya Tarian Ende “Wanda Pau”.

Dengan Rute Perarakan : Gereja Stelamaris- menuju dermaga Biru Kampung Ujung, kemudian prosesi laut dari Kampung Ujung menuju Waterfront, kemudian menuju Gereja Roh Kudus Labuan Bajo, selanjutnya menuju kantor Bupati Manggarai Barat dan setelah itu menuju Gua Maria Golo Koe.

Ribuan umat tumpah ruah kejalan yang dilalui patung.Di dermaga TPI saat prosesi Laut tampak umat dengan khusuk melihat kapal yang mengantar Patung Maria,berdiri sambil memegang lilin menyala . Mereka mendaraskan doa Salam Maria dengan menyanyikan lagu puji- pujian kepada Bunda maria.

Tak hanya di TPI, di Water Front City tempat Patung Maria Assumta Nusantara mendarat,ribuan umat sudah menanti sambil menyanyikan lagu dan doa Salam Maria.

Saat patung tiba di Marina Labuan Bajo,ribuan umat menyambutnya dengan penuh sukacita.Selanjutnya rombongan mengarak patung melalui jalan darat,jalan Sokarno Hatta menuju depan gereja Roh Kudus selanjutnya kantor Bupati,pertigaan Golo Koe dan Gua Golo Koe.

Sepanjang jalan yang akan dilalui patung tampak umat Katholik meletakan patung Bunda Maria di tepi jalan,mereka memegang lilin menyala dan mendaraskan devosi serta menyanyikan kidung pujian .

Pemandangan jalan di Labuan Bajo sepanjang sore ini khususnya rute yang dilalui prosesi perarakan Patung dipadati umat yang sedang melakukan devosi kepada Bunda Maria. Prosesi ini berjalan lancar dan aman.

Pentahtaan patung Maria Assumta Nusantara di Gua Golo Koe diawali dengan penerimaan secara adat Manggarai oleh Pastor Paroki Rekas Kecamatan Sano Nggoang bersama petugas liturgi.

Pastor Paroki bersama petugas Liturgi KBG Rekas menggelar prosesi penyambutan secara adat, saat patung Maria Assumta Nusantara tiba di Gua Golo Koe Labuan Bajo sekira pukul 20.00 lebih Wita .

Prosesi penyambutan patung diawali tari- tarian dengan pakaian busana adat Manggarai dilanjutkan ‘ kepok ‘ oleh tokoh adat dari KBG Paroki Rekas.

Prosesi adat tersebut sebagai tanda untuk menghormati Bunda Maria yang juga dikenal sebagai Bunda Terang dan sumber kekuatan serta inspirasi penguatan iman. Karena kepribadian Bunda Maria yang suci dan oleh  karena Bunda Marialah Tuhan Yesus berkarya untuk menebus dosa manusia.

Usai diterima secara adat, Vikjen keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar didampingi Vikep Labuan Bajo,Romo Ricard Manggu memimpin upacara pentahtataan Patung Maria Assumta Nusantara untuk diletakan di altar Gua Golo Koe. Diikuti oleh Para Pastor, paraBiarawan- Biarawati bersama umat, yang mengikuti prosesi itu.

Ribuan umat (Ratusan umat yang tertampung pada tribun gua Maria, umat yang lain tumpah ruah disekitar area gua),tampak dengan khusuk sambil memegang lilin menyala ditangan mendaraskan doa serta nyanyian puji- pujian.

Prosesi perarakan patung Maria Assumta Nusantara melalui laut lalu menuju darat adalah moment pertama sejak Kabupaten ini berdiri sejak 19 tahun silam tepatnya pada tahun 2003.

Moment ini merupakan satu dari agenda penting pada festival religi kultural Golo Koe 2022 digelar Minggu (14/8/2022) petang .

(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.