Menu Close

PPNI Mabar, Lakukan Penyuluhan Cegah Covid19 Bagi Warga Labuan Bajo

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Pengurus Dewan Perwakilan Daerah Manggarai Barat (DPD Mabar) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Komisariat Puskesmas Labuan Bajo pada Peringatan HUT ke-46 melaksanakan kegiatan penyuluhan cegah virus corona (Covid19) bagi warga RT 19 kompleks gua Firdaus Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (17/3)

Selain memberikan penyuluhan Covid19, DPD PPNI Komisariat Puskesmas Labuan Bajo juga melakukan kegiatan penyuluhan cara mencegah masuknya penyakit Demam Berdarah (DBD) dan penyakit menular lainya, namun sebelumnya telah melakukan kegiatan kebersihan lingkungan dan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga RT 19.

Tampil sejumlah pengurus dan perawat senior dari PPNI Komisariat Labuan Bajo dalam memberikan penyuluhan di antaranya Ibu Fina Nurhayati, Ibu Rita dan di lanjutkan cara mencuci tangan yang benar oleh sejumlah jajaran perawat lainya, tampil dalam acara tersebut.

Ketua DPD PPNI Manggarai Barat H. Kelana mengatakan, pengurus PPNI Pusat telah memberikan edaran dimana untuk mengisi Hari Ulang Tahun ke 46 tahun 2020 PPNI, setiap komisariat, agar melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

‘Salah satunya melakukan edukasi bagi masyarakat akan berbagai penyakit yang timbul seperti Virus Corona dan Demam Berdarah dan penyakit menular lainya,” katanya

Menurut Kelana, untuk mencegah penyebaran virus Corona, dengan cara menjaga sistem imunitas dan kekebalan tubuh kita melalui, pola makan yang sehat berimbang dan bergizi.
Pola makan yang sehat tidak mesti mahal, begitu banyak sumber makanan yang murah dan ada di sekitar kita, selain murah kandungan di dalamnya sangat banyak seperti daun kelor.

“Selain mengkonsumsi makanan sehat, juga tidak kalah penting membersihkan lingkungan tempat tinggal, dan juga melaksanakan olah raga secara teratur,” pungkas Ketua DPD PPNI Kelana

Sementara Kepala Puskesmas Labuan Bajo Vinsensius Paul dalam kesempatan yang sama mengharapkan, jangan sampai kita mati hanya karena penyakit, seperti DBD. Dikatakan demikian, karena wabah DBD bisa di cegah dan diantisipasi dengan membersihkan lingkungan tempat tinggal, dengan istilah gerakan 4 Mplus.

“untuk mengantisipasi nyamuk, gunakan daun pepaya dengan cara, setelah daun di petik dibiarkan sampai layu, daun pepaya terswbut di tempatkan di bawah tempat tidur dan nyamuk pasti akan lari, demikian juga dengan daun sere, jadi untuk mencegah DBD, mudah dan murah,” tegasnya

Ketua RT19 Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat Getrudis dalam kesempatan itu mengaku bangga, karena PPNI komisariat Puskesmas Labuan Bajo memilih RT 19 sebagai tempat penyelenggaraan HUT PPNI ke 46.

Diakuinya, kehadiran PPNI membawa kebanggaan tersendiri bagi warga, karena selama ini warga melalui kesepakatan bersama setiap hari Sabtu di jadikan sebagai hari kebersihan tingkat RT.

Kedepan dirinya bersama warga merindukan RT tersebut menjadi RT percontohan di Kecamatan Komodo, seraya meminta PPNI untuk hadir lagi di RT 19 untuk memberikan penyuluhan mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik, katanya

Kegiatan HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dengan mengangkat tema “PPNI mendukung Promotif dan Preventif untuk meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat” dengan swmbiyan “Perawat Hebat, Rakyat Sehat”.

Hadir dalam acara ini perwakilan Camat Komodo, warga RT 19 dan pengurus PPNI Dewan Perwakilan Daerah Manggarai Barat Komisariat Puskesmas Labuan Bajo, Kepala Puskesmas Labuan Bajo dan jajaranya.

(Frumentius Amas/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.