Menu Close

Peringati HUT MABAR Ke-19, Bupati Edi Endi Sampaikan Terima Kasih Kepada Para Pejuang Pemekaran dan  Para Bupati  Sebelumnya

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Pada Puncak Peringatan HUT Kabupaten Manggarai Barat Ke-19 yang dilaksanakan dengan Upacara Bendera di Halaman kantor Bupati Manggarai Barat, Jumat 25 Februari 2022, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE,  menyampaikan terima kasih kepada Para Pejuang Pembentukan Kabupaten Manggarai Barat dan Para Bupati Manggarai Barat sebelumnya.

Dalam moment HUT Mabar  ini, Bupati mengingatkan kepada seluruh Masyarakat Manggarai Barat, bahwa semua yang bisa dinikmati di Kabupaten Manggarai Barat, baik infrastruktur,  berbagai macam fasilitas, kemajuan dibidang  pariwisata, dan kemajuan- kemajuan di bidang lainnya, sesungguhnya bukan karena Bupati dan wakil Bupati Manggarai Barat  periode sekarang, tapi jasa tangan-tangan terberkati dari para pejuang pemekaran pemimpin terdahulu.

“Kalau hari ini, kita dapat berdiri tegak di sini dan menikmati lancarnya arus transportasi antar daerah, menikmati indahnya penataan kota dengan water front city yang sangat megah. Menikmati indahnya berbagai hotel berskala internasional, menikmati meriahnya kunjungan wisatawan baik lewat udara, darat, maupun laut. Serta menikmati berbagai fasilitas  mewah dan indah yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Sesungguhnya bukan karena saya dan wakil Bupati Manggarai Barat. Tetapi atas jasa tangan-tangan terberkati dari pemimpin terdahulu dan para pejuang pemekaran, dan berkat dukungan kita semua,’ Ungkap Bupati Edistasius Endi.

Oleh karena itu , Bupati menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada para Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya, yang turut membentuk dan mendandani wajah Manggarai Barat hingga saat ini. Apresiasi dan rasa hormat kepada para bupati dan wakil bupati sebelumnya disampaikan Bupati Edi Endi kepada Almarhum Bapak Fidelis Pranda, Bapak Agustinus Ch. Dula dan Bapak Maksimus Gasa, Bapak Agustinus Ch. Dula dan Ibu Maria Geong.

Bapak Fidelis Pranda dengan penekanan pada pembangunan berkelanjutan yang terpadu berlandaskan keseimbangan kehidupan jasmani dan rohani. Bapak Agustinus Ch. Dullah dan Bapak Maksimus Gasa dengan penekanan pada birokrasi yang professional, responsive, dan aspiratif untuk kesejehteraan rakyat. Bapak Agustinus Ch. Dullah dan Ibu Maria Geong dengan penekanan pada Mabar yang ramah, maju, dan sejehtera.

“Demikian juga Bapak Jidon de Haan, Bapak Tadeus Tini, dan Bapak Ismail Surdi, dalam kapasitasnya sebagai penjabat Bupati telah pula mengukir sejarah bagi terciptanya kebanggaan masyarakat Manggarai Barat,” Tambahnya.

Menurut Bupati melalui tangan merekalah, Manggarai Barat merangkak perlahan menyambut gerbang peradaban baru. Para pemimpin terdahulu telahmengajarkan  tentang cara berkomunikasi, cara membangun, cara berdemokrasi. Dan juga cara membina kerukunan antar masyarakat.

Ditambahkannya, perayaan ulang tahun kabupaten bukan semata-mata historis. Dalam rentang  sejarah pembentukan Kabupaten Manggarai Barat, banyak kemajuan diraih yang  sejalan dengan bergantinya para pemimpin. Diakuinya, setiap pemimpin telah meletakkan legasinya, membuat kebaikan dan perubahan demi daerah dan warganya atau demi ‘natas bate labar agu beo bate lejong’.

“Merekalah pelukis masa depan Manggarai Barat dari berbagai kanvas dengan berbagai keindahannya. Karena itu, sekali lagi patutlah kita memberi apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” pungkasnya.

Karena itu, Bupati Manggarai Barat mengajak seluruh pihak bertugas merawat semua hal yang sudah diraih oleh jasa-jasa pendahulu dengan baik, melestarikannya, dan terus meningkatkannya.

“Sebab Manggarai Barat adalah saya, Manggarai Barat adalah kita, dan Manggarai Barat harus Bangkit Menuju Manggarai Barat Mantap. Selamat Ulang Tahun ke-19 Kabupaten Manggarai Baratpungkasnya.

(Tim IKP Kominfo Mabar)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.