Menu Close

Penerapan New Normal, Tim Gabungan Patroli dan Sosilisasi Protokol Kesehatan di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfomabar – Tim Gabungan TNI, Polri dan Sat Pol PP Manggarai Barat melakukan operasi penertiban sekaligus sosialisasi terkait protokol kesehatan pada hari pertama penerapan New Normal pada ruang aktifitas publik di Kabupaten Manggarai Barat khususnya wilayah Labuan Bajo, Senin (15/6).

Camat Komodo Imran S.IP dalam arahannya saat apel siaga tim gabungan mengatakan sesuai arahan Gubernur NTT mulai hari ini tanggal 15 Juni 2020 diberlakukan New Normal (kebiasaan baru) diseluruh wilayah NTT, sehingga seluruh aktifitas perekonomian masyarakat mulai berjalan normal tapi harus tetap patuh pada protokol kesehatan.

Dikatakannya, New Normal bukan berarti kegiatan berjalan Normal, Melainkan New Normal adalah melakukan kegiatan yang tidak seperti biasanya. Yang dulunya tidak pakai masker namun sekarang memakai masker, yang dulu tidak ada jaga jarak namun sekarang harus jaga jarak.

“maka dari itu pemberlakuan New Normal semua usaha dan tempat hiburan kembali di buka kecuali Panti Pijit dan Tempat Karaoke, selain itu aktifitas masyarakat di ruang publik akan diluar kontrol dan tidak lagi patuh pada protokol kesehatan, sehingga tim gabungan melakukan operasi penertiban dan sosialisasi protokol kesehatan di wilayah Kecamatan Komodo,” katanya

Sehingga komitmen kita di tempat yang rame aktifitas masyarakat seperti kampung ujung, pasar baru, pasar Batu Cermin akan selalu dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan seperti pake masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun, karena daerah ini masih zona merah Covid 19, ungkapnya.

Sementara itu, Danramil Komodo Kapten Inf I Nyoman Sukada selaku komandan tim mengatakan dengan adanya New Normal, Semua kegiatan berjalan seperti bisanya namun tetap menggunakan Protokol Kesehatan.

Dikatakannya kampung ujung, Pasar Baru dan Pasar Batu Cermin menjadi target operasi dan sosilisasi tim gabungan pada hari pertama penerapan New Normal.

“seperti yang kita ketahui, Kampung Ujung, pasar baru dan pasar Batu menjadi tempat konsentrasi aktifitas masyarakat, sehingga penting melakukan sosialisasi dan operasi penertiban kepada masyarakat guna tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Danramil

Dijelaskannya, penerapan New Normal di Kab Manggarai Barat yang mulai dilaksanakan hari ini. Tim gabungan menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di pasar khususnya dan masyarakat yang ada di area publik lainnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Virus Corona semakin meluas di wilayah ini.

“bagi masyarakat yang tidak pakai Masker akan mendapat tindakan yang tegas, karena memakai masker bisa mengurangi penyebaran Covid 19 hampir 70%, bagi yang punya usaha agar di depan tempat usaha di sediakan tempat cuci tangan dan sabun antiseptik, serta selalu jaga jarak, pungkas Danramil Komodo.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Koramil 1612-02 Komodo 10 Orang, Brimob Komodo 10 Orang, Satpol PP 6 Orang, Pos AL Labuan Bajo 1 Orang.

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.