Menu Close

Pemkab Mabar Raih Penghargaan Salurkan DD Tercepat di NTT Tahun 2020

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sebagai Kabupaten tercepat menyalurkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.Penghargaan tersebut di berikan Menteri Keuangan melalui Direktorat Perbendaharaan Negara yang di wakili Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Negara Nusa Tenggara Timur ( NTT) Lidya Kurniawati Christyana.

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch.Dula ( Gusti Dula) menyampaikan apresiasi atas penghargaan tersebut.
“Kami tentunya patut berbangga dan berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Direktorat Jendral Perbendaharaan Negara melalui Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Negara NTT, sebagai Kabupaten tercepat melakukan transfer dana Desa tahun 2020. Semoga apresiasi ini sebagai pemacu untuk terus berprestasi,” kata Bupati Gusti Dula saat membuka
Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 205/ PMK. 07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, di Aula Kantor Bupati, Senin (2/3/2020).

Dijelaskan Bupati Gusti Dula, penyaluran DD (dana desa) tahun 2020 mengalami perubahan yakni, penyalurannya dari rekening kas umum Negara langsung ke kas Desa. Perubahan sistem penyaluran ini seiring dengan terbitnya peraturan menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan dana desa.

“Transfer dana desa tahun ini mengalami perubahan dari Kas umum Negara langsung ke rekening Desa. Jadi tidak tidak lagi melalui kas umum Daerah seperti tahun sebelumnya”jelas Bupati Gusti Dula.

Lebih lanjut Bupati Gusti menjelaskan, pemerintah Manggarai Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) telah memproses sebanyak 54 desa.
Jumlah permohonan penyaluran ke KPPN Ruteng sebesar Rp. 30.593.597.400,- atau 20,22 % dari pagu dana desa yang dialokasikan melalui APBN sebesar Rp. 151.274.463.000,- kepada 164 desa di Kabupaten Manggarai Barat,katanya.

Kabupaten Manggarai Barat NTT telah meraih prestasi sebagai Pemkab berkinerja baik dalam penyaluran DD terbaik 3 kali berturut-turut yakni, tahun 2018,2019 dan 2020 .

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Negara NTT, Lidya Kurniawati Christyana mengatakan, terkait penghargaan tersebut karna gerak cepat pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam mengeksekusi penyaluran dana desa tahap I tahun 2020 dan prestasi Manggarai Barat sebagai Pemda berkinerja baik dalam penyaluran dana Desa tahun 2018 dan 2019.

Sementara terkait percepatan penyaluran Dana Desa dan untuk memastikan dana yang telah ditransfer kedaerah dapat dimanfaatkan dengan baik, menurut Lidya, pihaknya perlu melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan SIKP dan Skema IMI Penyaluran Dana Desa dan DAK fisik serta Sosialisasi Interkoneksi Siskeudes.

“Hari ini Kami menggelar Focus Group Discusion (FGD) Interkoneksi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 205/ PMK. 07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, serta Sosialisasi Pembiayaan ulta Mikro (UMI) di Aula Sekda Kabupaten Manggarai Barat,” kata Lidya.

Sosialisasi ini kata Lidya, di ikuti
Kepala BPKP provinsi NTT Iwan Agung Prasetyo, Kepala KPPM Ruteng Muhamad Firbana, Kepala Dinas PMD Manggarai Barat, Mateus Ngabut, SH, Pejabat yang membidangi Masyarakat Desa dan pengelolaan keuangan Kabupaten Manggarai Timur, Manggarai dan Kabupaten Ngada, jelasnya.

Menurut Lidya Kurniawati Christyana, pelaksanaan FGD dan Sosialisasi ini bertujuan menyamakan persepsi para stakeholders yang berkaitan dengan dana desa dalam pelaksanaan sistem keuangan desa, pungkasnya.
( Prokopim/ Hans)**

1 Comment

  1. Azis

    Salam sehat..

    Semoga saja pemimpin daerah MABAR bisa di tingkatkan lagi dalam pengawasan dana bantuan dalam bentuk apapun itu,biar tepat sasaran,karena kita tau NTT adalah daerah tertinggal khususnya Manggarai barat..

Leave a Reply

Your email address will not be published.