Menu Close

Pemkab Mabar Bangun Lumbung Pangan Masyarakat di Desa Siru

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, melakukan peletakan batu pertama pembangunan lumbung pangan masyarakat, pada gabungan kelompok tani (Gapoktan) Bengkes Nai, di Desa Siru, Kec. Lembor Kab. Manggarai Barat. (09/08/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Fatinci Reynaldi, dalam sambutanya mengatakan, dalam rangka menjaga ketahanan pangan daerah, pemerintah terus membangun fasilitas penunjang, seperti pembangunan lumbung pangan masyarakat di Desa Siru.

Selain lumbung pangan masyarakat, lanjut Fatinci fasilitas penunjang lainya yang akan dibantu pemerintah adalah mesin giling padi, dan mesin pengering padi

Ia berharap anggota kelompok tani (Poktan) yang tergabung dalam Gapoktan Bengkes Nai, harus bahu membahu dan saling bersinergis, untuk menyukseskan pembangunan lumbung pangan masyarakat ini.

“Waktu efektif kita tinggal empat bulan kedepan, pembangunannya harus dipercepat, dan terus melakukan koordinasi dengan konsultan perenacana, dan konsultan pengawas, agar pembangunanya sesuai dengan gambar,” ujar, Fatinci Reynaldi.

Sementara itu Camat Lembor, Raimundus Majar, dalam kesempatan tersebut mengatakan, Gapoktan Bengkes Nai, diharapkan agar menjadi role model bagi gapoktan – gapoktan lain yang ada di daerah ini.

Raimundus mendorong gapoktan Bengkes Nai untuk melakukan inovasi dengan membuat beras kemasan 5 atau 10 kg dengan kemasan premium, untuk menjemput pasar di Kota Labuan Bajo.

Sementara itu Sumardi, Kepala Desa Siru, menyampaikan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan, yang telah memilih Desa Siru, sebagai lokasi pembangunan lumbung pangan masyarakat.

“Kita patut berbangga, sebab Desa Siru adalah salah satu dari dua Desa, yang ada di Kab. Manggarai Barat, yang melakukan pembangunan lumbung pangan masyarakat yang bersumber dari DAK Fisik Tahun Anggaran 2022,” kata Sumardi, dihadapan para petani.

Pembangunan lumbung pangan masyarakat ini, juga dihadiri oleh anggota Poktan yang tergabung dalam Gapoktan Bengkes Nai, Kepala BPP Kec. Lembor, para penyuluh.

(KIM Siru/Syarif ab – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.