Menu Close

Pemdes Batu Cermin Bagi BLT Untuk 42 Warga

Labuan Bajo, Kominfomabar – Pemerintah Desa Batu Cermin melaksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada 42 orang warga (KK) yang terdampak Covid 19, Rabu (10/6) di Kantor Desa Batu Cermin.

Penyerahan BLT secara simbolis oleh Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula (Bupati Gusti), Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso S.I.K, Sekda Manggarai Barat Ismail Surdi S.PKP, Kadis DPMD Mateus Ngabut, Camat Komodo Imran dan Kades Batu Cermin Sebatianus Seba’.

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula dalam sambutan menjelaskan bahwa BLT dan jenis bantuan lainya merupakan wujud kehadiran Negara bagi masyarakatnya di situasi bencana wabah Covid-19 seperti saat ini.

“masih ada KK yang belum mendapat bantuan selain dari 42 Kk yang menerima BLT hari ini, tapi pemerintah telah menyiapkan skema bantuan lainnya baik dari Pusat, Provinsi maupun dari pemerintah Kabupaten Manggarai Barat,” jelas Bupati.

Bupati Gusti menegaskan bahwa bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah telah di musyawarahkan oleh Aparatur Desa dan sudah
didikaji sesuai dengan aturan yang berlaku untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasarnya ditengah pandemi covid-19 ini.

Bupati berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, kalaupun harus keluar tetap gunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan dan hindari kerumunan, tegas bupati dua periode ini.

Ditempat yang sama Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso S.I.K mengimbau kepada warga yang menerima BLT agar dana bantuan dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan pokok jangan untuk yang aneh-aneh.

Kapolres menjelaskan bahwa Covid-19 ini dapat dicegah dengan kesadaran semua masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, jaga jarak, dan selalu menggunakan masker, ini bertujuan untuk kesehatan dan keselamatan kita bersama.

“ikuti himbauan pemerintah yang sudah dikeluarkan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat sesuai protokol kesehatan,” ucapnya

Kita sama-sama berharap Negara Indonesia aman dari virus corona khususnya Kabupaten Manggarai Barat. Tentu untuk bisa memutus mata rantai penularan, sangat diperlukan kerja sama semua pihak, khususnya warga Manggarai Barat, pungkas Kapolres Mabar.

Sementara Kepala Desa Batu Cermin dalam laporannya mengatakan bahwa pembagian BLT untuk tahap pertama bagi 42 KK dari total 294 KK yang terdampak pandemi Covid 19 yang telah diusulkan untuk mendapatkan bantuan dari Kemensos, Provinsi dan Pemkab Mabar.

Dikatakannya untuk pembagian saat ini bagi 42 KK yang akan menerima BLT dana desa tahap pertama sebesar Rp. 600rb untuk bulan april dan sisanya akan dilanjutkan dengan pembagian pada tahap berikutnya.

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.