Menu Close

Ny. Trince Yuni Endi Kukuhkan Pokja PAUD Tingkat Kabupaten Manggarai Barat

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Untuk memberikan legalitas pada Kelompok Kerja Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mendukung Bunda PAUD, serta membangun sinergitas dan komitmen bersama dalam mewujudkan PAUD yang terintegrasi, maka Kelompok Kerja Bunda PAUD Tingkat Kabupaten Manggarai Barat dikukuhkan.

Pengukuhkan Kelompok Kerja Bunda Paud Tingkat Kabupaten Manggarai Barat ini, dilakukan oleh Bunda Paud Kabupaten Manggarai Barat, Ny.Trince Y. Endi di Hotel Silvia Labuan Bajo, Sabtu (12/02/2022).

Kegiatan pengukuhan Pokja Bunda Paud ini dilanjutkan dengan Workshop yang difasilitasi oleh Bunda Paud Kabupaten Manggarai Barat bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia.

Bunda Paud Kabupaten Manggarai Barat, Ny.Trince Y.Endi mengatakan Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik, agar dimasa emas perkembangan anak sesuai dengan potensi dan kecerdasannya.

Ia mengakui membangun peradaban manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan sebagainya bukanlah pekerjaan mudah. Dan bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua semata atau tanggung jawab dunia pendidikan saja.

“Tanggung jawab membangun peradaban manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri adalah tanggungjawab kita semua. Semuanya berawal dari keluarga dan bagaimana keterlibatannya melalui pendidikan anak sejak usia dini,” Jelasnya.

Hal ini penting dilakukan mengingat pendidikan sejak dini merupakan cara yang paling strategis untuk melejitkan kecerdasan seseorang.

“Melayani pendidikan anak sejak dini merupakan pendidikan yang paling fundamental, karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini,” lanjutnya.

Dikatakannya, kehadiran Bunda PAUD dalam wadah Pokja Bunda PAUD tentu sebatas mendorong dan memberikan edukasi tentang pentingnya pola hidup sehat serta layanan pendidikan sejak dini. Namun, Bunda PAUD Kabupaten Mabar ini mengajak untuk sedapat mungkin Pokja Bunda PAUD Manggarai Barat menjadi penggerak dalam mewujudkan anak-anak usia dini yang sehat, cerdas, dan ceriah.

“Dengan sukarela serta dilandasi oleh cinta dan kasih sayang, sedapat mungkin kita menjadi penggerak dalam mewujudkan anak-anak usia dini yang sehat, cerdas, dan ceriah,” tambahnya.

Ny. Trince Endi pada kesempatan ini menghimbau masyarakat Manggarai Barat agar mendorong dan mendukung anak usia dini mengikuti program PAUD sebagai pendidikan prasekolah, ikut memperluas layanan satu desa satu PAUD, serta mewujudkan PAUD yang holistic integrative.

“Mari kita satukan tekad dan wujudkan mimpi anak-anak Manggarai Barat yang belum memiliki kesempatan memperoleh pelayanan pendidikan sejak dini. Sebab itulah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi orang-orang yang di sekitar kita,” ajak Bunda PAUD Mabar ini menutup sambutannya.

Kegiatan pengukuhan Pokja Bunda Paud ini dilanjutkan dengan Workshop dengan Narasumber dari Dinas PKO Kabupaten Manggarai Barat, Ibu Mety Mundur, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Adrianus Ojo, Sekretaris Pokja PAUD Manggarai Barat, Yohanes Hani, Praktisi Anak Usia Dini, Ibu Anggi dan Koordinator Mitra Wahana Visi Indonesia, Tomi Pinem.

Sasaran workshop sebanyak 35 orang, terdiri atas: Pengurus atau Tim Pokja PAUD Kabupaten Manggarai Barat 19 orang, Para Bunda Paud Kecamatan, Perwakilan Kepala TK dan Bunda Paud Desa/Kelurahan. Kegiatan worshop ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 12 -13 februari 2022, tempat kegiatan Hotel Silvia, Labuan Bajo.
(Tim IKP Kominfo Mabar)

1 Comment

  1. Pingback:Trince Y Endi : Bangun Manusia Berakhlak Mulia - FloresMerdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published.