Menu Close

Misa Malam Natal di Stasi Marombok, Bupati Mabar Berharap Natal Mempererat Persatuan Umat Beragama

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE bersama keluarga menghadiri misa Natal bersama umat di Gereja Stasi Merombok Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Sabtu (24/12) Malam.

Misa malam Natal di Gereja Stasi Merombok ini dipimpin oleh RD. Kornelis Hadin, Pr yang merupakan Pastor kapelan sekaligus Penanggungjawab pelayanan umat di Stasi Merombok.

Pantauan TIM IKP Kominfo umat dengan penuh sukacita datang memenuhi gereja dan mengikuti misa dengan khitmat walaupun selama perayaan diguyur hujan lebat.

Saat diberi kesempatan oleh panitia Natal Gereja Stasi Merombok untuk memberikan sambutan sekaligus ucapan Natal, Bupati Edistasius Endi menyampaikan harapan agar moment Natal yang penuh damai dan suka cita memampukan umat untuk mempererat persatuan dan kesatuan antar umat beragama.

“Atas nama pribadi, atas nama pemerintah kami mengucapkan selamat Pesta Natal. Kiranya damai sukacita Natal kali ini membawa kita semua untuk lebih mempererat rasa persatuan dan kesatuan, lebih giat dalam bekerja dan lebih disiplin dalam menjalankan sesuatu”, ucapnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Edi menyampaikan 3 (tiga) hal yang menjadi konsen Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terutama hal yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat, antara lain pembangunan jalan, Pembangunan disector Kesehatan berupa Rumah Sakit dan Puskesmas serta Sektor Pendidikan.

Terkait sector Pendidikan Bupati Edi meminta dukungan Umat yang adalah Rakyat terkait rencana Pemerintah untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Negeri di Labuan Bajo.

Menurut Bupati Edi, pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Negeri di Labuan Bajo ini tidak lain bertujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat.

Bupati Edi meminta agar umat yang adalah rakyat untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi pelaku dalam industri pariwisata.

Menurut Bupati Edi Umat tidak boleh menjadi penonton saja tapi menjadi pelaku atau subyek utama yang menggerakan pembangunan sector Pariwisata di kabupaten Manggarai Barat.

“kepada segenap umat yang pemerintah meyapanya sebagai rakyat, mari mempersiapkan diri dengan baik, jangan kita sia-siakan kemajuan sector industri pariwisata yg sedang menanjak kearah yang lebih baik. Mari mengambil bagian, janganlah kita hanya menjadi obyek ditengah kemajuan itu tetapi kita harus menjadi subyek. Untuk itu maanfaatkanlah segala potensi yang ada”, katanya.

Kepada umat yang berprofesi sebagai Petani, Bupati Edi berharap agar bertekun dalam profesinya. Menurut Bupati Edi para Petani di Merombok harus mampu melihat peluang ditengah pesatnya industri pariwisata Labuan Bajo.

Dikatakannya kebutuhan sayur dan buah-buahan dari Hotel dan restoran di Labuan Bajo masih di datangkan dari luar.

Untuk itu Bupati Edi mendorong agar para petani menanam apa yang menjadi kebutuhan Hotel dan Restoran di Labuan Bajo.

Dengan demikian para petani dapat mengambil keutungan dalam pesatnya pariwisata Labuan bajo yang dengan sendirinya dapat meningkatkan perekonomian para petani.

“Para petani mari bertekun dengan profesi sebagai petani. Neka hemong ngasang weri Ute, Nggurus Semangka, Melon, Tomat, Wunis, Lasi teu, dll, (jangan lupa menanam sayur-sayuran, Lombok, Semangka, Melon, Tomat, Kunyit, Sere, dll, karena sector-sektor itulah yang bisa menopang perekonomian kita”, pintanya.

Diakhir sambutannya Bupati Edi atas nama Pemerintah memberikan kado Natal Kepada umat Stasi Merombok berupa sejumlah Dana untuk pembangunan Gerbang dan Pagar Gereja Stasi Merombok.

Dalam moment Natal kali ini, RD. Laurensius Sopang, PR, Pastor Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Minggu (25/12) menyampaikan Pemda Mabar dalam rangka mendukung pembangunan Gereja telah memberikan bantuan untuk Gereja dan beberapa Kepela.

Bantuan tersebut diberikan antara lain untuk Gereja Paroki Rohkudus 50 Juta Rupiah, Gereja Stella Maris 100 Juta Rupiah (Diserahkan Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng pada Misa malam Natal di Kepela Stella Maris Labuan Bajo) dan untuk Stasi Marombok sebesar 150 juta Rupiah, diserahkan langsung Bupati Manggarai Barat.

(Tian-Tim IKP Kominfo Mabar)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *