Menu Close

MENTERI RINI : INDONESIA AKAN LEBIH MAJU JIKA IBU-IBUNYA MAJU.

Labuan Bajo, 9 September 2019 – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno (Menteri Rini) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Labuan Bajo, salah satu agendanya menemui dan berdialog dengan puluhan nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), Senin (9/9) di Commercial Area Marina Labuan Bajo Manggarai Barat NTT.

Pada kesempatan bertemu dan berdialog, Menteri Rini memberikan motivasi dan semangat kepada ubu-ibu nasabah Mekaar.

Mekaar merupakan program PT Permodalan Nasional Madani (PNM) (Persero) yang memberikan permodalan bagi kaum perempuan prasejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha.

“Program ini untuk bagaimana kita memberdayakan ibu-ibu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya, karena Indonesia akan lebih maju, jika Ibu-ibu maju,” katanya

Menteri Rini mengatakan, Mekar ialah program pembiayaan yang digagas sejak tahun 2016 lalu untuk memberikan perhatian kepada kaum ibu. Sehingga, mereka dapat memperbaiki perekonomian masyarakat dengan usaha yang dijalankan.

Melalui pertemuan ini program Mekar ke depannya dapat diperbaiki setelah mendengarkan aspirasi nasabahnya. Sehingga program ini terus berjalan dan memberikan dampak positif kepada masyarakat, ungkapnya.

“Tujuan kami ibu-ibu Mekar usahanya makin baik, naik kelas bisa mendatangkan keuntungan, pinjaman makin besar dengan bunga kecil untuk kesejahteraan keluarga,” imbuhnya.

Hingga kini, jumlah nasabah Mekaar di NTT berjumlah 110 rb dari 5,18 juta dan tersebar di seluruh Indonesia. Program yang digawangi PNM ini, memberikan bantuan kepada perempuan produktif di bawah garis kemiskinan memiliki pendapatan perkapita besaran Rp 2 juta-Rp 5 juta.

Menteri Rini didampingi Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro, Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong.

Sejumlah Dirut BUMN diantaranya, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama BNI Ahmad Baiquni, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi, Direktur Utama Sarinah GNP Sugiarta Yasa, Direktur Utama HIN Iswandi Said, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Direktur Utama HIG Qodie Ibrahim.

Adapun agenda kunjungan antara lain, Bertemu dan berdialog dengan Ibu-Ibu Nasabah Mekar, Penyerahan Simbolis 5 Ibu Mekar Naik kelas ke KUR BRI dan penyerahan paket Sembako BUMN, Penyerahan Simbolis 5 KUR BNI Naik kelas.

Dilanjutkan dengan tinjauan produk hasil ibu-ibu Mekar dan UKM Binaan BRI, menuju Hotel Inaya Bay Komodo, Panel proyek penjelasan singkat by Dirut ASDP didampingi Dirut PP dan HIN.

KemudianTinjauan ke lantai 6 (dining & Pool) dengan Room Inspection ke Lt 2 (room 2005, 2002, dan 2057). (Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.