Menu Close

Menko Marves: Jadikan Festival Golo Koe Sebagai Wadah Berkarya Bagi Masyarakat

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia  (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, memberikan kesempatan seluas- luasnya kepada masyarakat lokal untuk mengangkat potensi kekayaan spritual serta budaya yang ada di wilayahnya.

“Festival ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk mengangkat potensi kekayaan spritual serta budaya kita. Sekaligus menggerakan roda perekonomian masyarakat di kawasan ini,” kata Menteri Luhut saat memberikan sambutan secara virtual pada pembukaan festival Golo Koe di Waterfront City Labuan Bajo NTT, Senin (8/8/2022 ) petang .

Menteri Luhut mengharapkan, pariwisata holistik dapat memberikan kesempatan serta pengalaman kepada wisatawan untuk memaknai karya dan kasih Allah, menikmati budaya dan alam yang ada di tengah masyarakat.

Menurutnya, Festival Golo koe merupakan pesta rakyat nusantara di Labuan Bajo NTT yang bercirikan semangat kebhinekaan yang inklusif.

Dijelaskanya, hal ini tercermin dari partisipasi seluruh pemuka Agama, Suku dan Bahasa yang ada di Labuan Bajo, telah mengambil bagian dalam hajatan ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Keuskupan Ruteng yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan ini. Acara ini menjadi wadah berkarya bagi masyarakat di Labuan Bajo,”tuturnya.

Sementara itu, panitia Festival Romo Manfred Habur menjelaskan, beberapa kegiatan penting yang mengisi rangkaian pesta rakyat ‘Festival Golo Koe 2022’ ini diantaranya, pagi Senin (8/8) dilaksanakan kegiatan sosial berupa pemberian sembako dan sumbangan kasih bagi keluarga dan panti yang membutuhkan.

Setelah pembukaan Festival Golo Koe, akan ada pelaksanaan kegiatan pameran dan kuliner, pentas seni tradisional dan modern, kegiatan ekologis berupa penanaman bambu dan bakau. Juga ada kegiatan pembersihan sampah di beberapa titik di Kota Labuan Bajo, seminar pariwisata, kebangunan rohani katolik, donor darah, dan vaksin booster.

Kegiatan prosesi Maria Asumta Nusantara akan dilaksanakan di darat dan laut pada tgl 14 Agustus 2022 di Kawasan Marina Labu Bajo. Selain itu Juga akan ada misa harian di Gua Maria Golokoe dan Puncaknya adalah misa akbar Hari Raya Maria Asumta tanggal 15 Agustus 2022 bertempat di Marina Labuan Bajo ini.

“Dalam rangka memeriahkan pesta rakyat ini panitai juga mengundang artis Ivan Nestorman dan Citra Skolastika. Namun kami meyakini bahwa artis utama kita selama event ini adalah Maria Asumta Nusantara itu sendiri,” kata Romo Manfred Habur.

Festival ini diikuti oleh 1179 utusan dari paroki-paroki dan lembaga sekolah se-Keuskupan Ruteng, juga diikuti oleh paguyuban- paguyuban nusantara di Labuan Bajo,tokoh lintas agama dan pemda Manggarai Barat.

Turut terlibat dalam kegiatan pemeran dan kuliner, ada 150 UMKM. Seluruh pembiayaan ditanggung secara mandiri oleh paroki-paroki namun didukung penuh oleh para donatur, sponsor, pemda Manggarai Barat, Polres Mabar, Kemenparekraf, Kemenkominfo, dan juga BPOP LBF.

“Kami berterimakasih untuk segala bentuk support, dan semoga hari-hari ke depan menjadi pengalaman penuh suka cita kita semua bersama Maria Asumta Nusantara di persada super premium ini,” ucap Romo Manfred Habur.

(Tim IKP Kominfo Mabar)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.