Menu Close

Lantik Penjabat Kades Batu Tiga Bupati Mabar Himbau Rakyat Harus Memiliki Ketahanan Pangan Mandiri

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Bupati Manggarai Barat mengatakan rakyat harus memiliki ketahanan pangan mandiri dalam menyikapi situasi yang sulit diprediksi. Tahun 2023 adalah tahun penuh tantangan, karenanya rakyat harus siap dengan kondisi yang tidak menguntungkan ini.

Hal ini disampaikan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE saat mengambil Sumpah Jabatan dan Melantik Penjabat Kepala Desa Batu Tiga Kecamatan Boleng Manggarai Barat, di Pulau Boleng, Selasa (24/01/2023).

Menurut Bupati Edi Endi rakyat harus menekan pengeluaran, hal-hal yang tidak perlu dibelanjakan diharapkan bisa disediakan sendiri oleh rakyat seperti pangan. Rakyat dituntut secara mandiri meyediakan pangan sendiri dengan mengolah pekarangan atau lahan kosong disekitar rumah untuk ditanami buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Dalam situasi seperti ini rakyat dituntut untuk memimiliki ketahanan pangan secara mandiri. Manfaatkan lahan pekarangan yang kosong dengan menanam tomat, umbi-umbian, Lombok, Pepaya, Pisang, sayur-sayuran dan daun Kelor. Ini sebagai upaya meminimal mengatasi situasi sulit ini,” ucapnya

Bupati Edi Endi meyakini bahwa ketika ketahanan pangan mandiri terjadi, maka sebesar apapun badai krisis melanda, dengan mudah dilewati.

Bupati Edi Endi juga menekankan pentingnya penanganan stunting dan menegaskan kepada Penjabat Desa Batu Tiga agar Pemdes harus menyiapkan anggaran dari APBDes untuk penanganan stunting.

“Penanganan Stunting harus dianggarkan dari APBDes, Penjabat harus bergandengan tangan dengan petugas kesehatan baik itu bidan, perawat maupun petugas gizi untuk memberikan penyuluhan tentang pencegahan dan penangan stunting,” tegasnya

Menurutnya wadah yang baik untuk kegiatan sosialisasi sunting adalah posyandu. Ia meminta agar Penjabat kades mendorong rakyatnya untuk ikut posyandu.

“Dorong masyarakat untuk ikut posyandu. Dorong juga kaum ibu yang sedang hamil dan atau sedang menyusui untuk berikan ASI Eklusif untuk anak-anaknya. Asi eklusif penting untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh anak sehingga tidak rentan dengan penyakit dan dapat mencegah terjadinya gagal tumbuh atau stunting pada anak,” ujarnya

Bupati Edi juga menyinggung masalah Pajak Bumi dan bangunan. Menurutnya salah satu kewajiban rakyat kepada Negara adalah membayar pajak.

“Pajak Bumi dan bangunan wajib dibayarkan, sebab pajak tersebut pada akhirnya juga akan membiayai pembangunan yang ada di desa lewat bagi hasil pajak. Namun bagi hasil pajak tidak akan direalisasikan apabila realisasi penagihan pajak tidak signifikan,” tegas Bupati Bumi Komodo tersebut

Untuk diketahui Penjabat Desa Batu Tiga yang dilantik adalah Sukardin berdasarkan Surat Keputusan Bupati Manggarai Barat Nomor: 2/Kep/HK/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Batu Tiga Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat.

Adapun acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat Kepala Desa Batu Tiga Kecamatan Boleng ini dilaksanakan karena calon kepala Desa Batu Tiga terpilih dalam pilkades serentak pada 29 September 2022 yang lalu meninggal dunia sebelum pelantikan.

Sebagaimana amanat Peraturan Bupati Manggarai Barat Nomor 36 tahun 2022 Pasal 68 ayat 1 yang berbunyi Calon Kepala Desa terpilih yang meninggal dunia, berhalangan tetap atau mengundurkan diri dengan alasan yang dapat dibenarkan sebelum pelantikan, calon terpilih dinyatakan gugur dan Bupati mengangkat Pegawai Negeri Sipil dari Pemerintah Daerah sebagai Penjabat Kepala Desa.

Atas dasar tersebut Pelantikan ini dipandang perlu demi tetap berjalannya roda Pemerintahan dan tugas pelayanan di Desa Batu Tiga berjalan sebagaimana mestinya.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. David E. Rego, Kabag Prokopim Teobaldus Landi Julita, S.Sos, Camat Boleng Yohanes Suhardi, S.PT, Unsur Forkopimcam Boleng, Para Guru,Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama.

(Tian – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *