Menu Close

Lantik Dua Kades di Ndoso, Bupati Instruksikan Fokus Pencegahan dan Percepatan Penanganan Stunting

Labuan Bajo, Kominfo Mabar– Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE mengambil Sumpah Jabatan dan Melantik 2 Kepala Desa di Kecamatan Ndoso Kabupaten Manggarai Barat.

Dua Kepala Desa yang dilantik tersebut terplih dalam Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat. pada tanggal 29 September yang lalu.

Kepala Desa yang dilantik Bupati ini adalah Kepala Desa Lumut, Tarsisius Tening, S.S, dan kepala Desa Waning, Alosius Palfondi. Pelantikan dilakukan pada Senin, 24 Oktober 2022 di Rewas Desa Lumut dan di Waning Desa Waning.Dalam sambutannya Bupati Edi mengistruksikan kepada Kades yang dilantik untuk memprioritaskan upaya pencegahan dan percepatan penanganan stunting.

Menurut Bupati, ditengah meningkatnya angka stunting di Kabupaten Manggarai Barat yang mencapai angka 15,28 persen, dituntut peran yang lebih dari Kepala Desa sebagai pilar terdepan untuk mewujudkan generasi emas yang bebas stunting.

“Sebentar lagi kita akan memasuki era yang disebut bonus demograifi, generasi emas. Dan hal ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk mewujudkan generasi emas tersebut. Pilar utama dan yang menjadi terdepan untuk mewujudkan ini adalah saudara kepala desa”, ucapnya.

Karena itu dirinya menegaskan untuk tidak boleh main-main dengan stunting. Bupati berpesan agar Para Kades untuk gunakan segala potensi termasuk menggunakan APBDes untuk penanganan stunting yang dalam pelaksanaannya melibatkan puskesmas.

“Usulan untuk penanganan stunting ditahun 2023 harus dari Puskesmas, sehingga dalam perjalanannya Puskesmas terlibat untuk memastikan bahwa dana alokasi penanganan stunting digunakan dengan baik atau tidak,” ungkapnya.

Selain masalah stunting, Bupati Edi juga menugaskan kepala Desa terpilih untuk fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan meningkatkan peran dan fungsi BUMDes.

Selanjutnya Kades diberi tugas mengoptimalkan penerimaan PAD Desa serta pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, untuk mendukung kemandirian Desa dan kemandirian Daerah. Hal ini harus menjadi perhatian Para Kepala Desa.

Dalam moment pelantikan ini Bupati Edi juga berharap agar semua pihak yang terlibat dalam pilkades serentak tahun 2022 untuk dengan hati lapang menerima hasilnya dan mulai meninggalkan segala hal yang mengancam persatuan dan kesatuan di Desa masing-masing.

Bupati Edi mengajak segenap komponen di Desa untuk bersama bahu- membahu membangun desa agar kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa bisa tercapai.

“mai ga ite nai ca anggit tuka ca leleng (Mari kita bersatu padu dan bergandeng tangan, bahu membahu) membangun desa dan menatap masa depan yang lebih baik,” harapnya.

Pelantikan 2 Kepala Desa ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Manggarai Barat Nomor: 314/KEP/HK/2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih Desa Waning dan Desa Lumut Kecamatan Ndoso Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2022.

Hadir dalam Pelantikan ini Wakil Ketua II DPRD Manggarai Barat Marselinus Jeramun, SE, Ketua TP PKK Ny. Trince Yuni Endi, Kepala Dinas PMD Melkior Nurdin, Kepala Kesbangpol Fransiskus Partono, Kepala Dinas Bina Marga Bina Konstruksi dan Perhubungan Yosep Suhandi,Kepala Satpol PP Stefanus Salut, Kadis Dukcapil Valentinus Andi,

Sekretaris Dinas Cipta Karya Sumber Daya Air dan Tata Ruang Stefanus Egidius Syukur, ST, Kabag Kesra, David E. Rego, Kabag Prokopim Rafael Guntur, Camat Ndoso Anselmus Darman, Kapolsek Kuwus, Ipda.Pol. Arsilinus Lentar, Danramil 1612-08, Lettu Inf Ignasius Labu, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

(Tian -Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.