Menu Close

Kunjungi Stand UMKM, Menteri Kominfo PUJI UMKM Manggarai Barat

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Usai membuka Pertemuan Ketiga Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Worlking Group (DEWG) Meeting Presidensi G20 di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Rabu (20/07), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Jhonny G. Plate berkesempatan mengunjungi stand pameran UMKM Manggarai Barat.

Saat mengujungi stand UMKM, Menkominfo melihat dan mengamati setiap produk yang dihasilkan UMKM Manggarai Barat serta berinteraksi dengan para pelaku UMKM. Dirinya mengapresiasi, oleh karna UMKM Manggarai Barat mampu mengolah hasil bumi dan dikemas dengan kemasan yang didesign dengan baik dan menarik serta sudah mengenakan logo Bangga BUata Indonesia (BBI).

“Kemasannya bagus. Ini sudah ada logo BBI, wah sudah bagus ini,” ucap menteri Johnny sambil memegang produk UMKM.

Selain memuji, Menkominfo juga memberikan masukan agar para pelaku UMKM mampu menarasikan produknya dengan baik serta mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam memasarkan produk UMKM maupun dalam bertransaksi dengan pembeli seperti teknologi barcode.

Sementara itu Direktur Utama Perusahan Umum Daerah (Perumda) Bidadari Sutanto Werry selaku fasilitator para UMKM yang terlibat pameran Produk dalam pertemuan ketiga Digital Economy Worlking Group (DEWG) Presidensi G20 mengatakan bahwa UMKM merupakan mitra strategis Perumda Bidadari.

Pihaknya selalu berupaya untuk menfasilitasi memajukan dan memperkenalkan UMKM Manggarai Barat agar semakin akrap dengan teknologi digital.

“Keterlibatan UMKM dalam pertemuan ketiga Digital Economy Worlking Group (DEWG) Presidensi G20 ini merupakan upaya Perumda Bidadari memperkenalkan UMKM dan Produknya kepada para pihak atau custumer bahwa UMKM Manggarai Barat bisa dan mampu bersaing di level Nasional bahkan Internasional, tentunya Perumda Bidadari mendorong dan menfasilitasi agar UMKM memanfaatkan teknologi digital baik dalam pemasaran maupun dalam bertransaksi,” jelasnya.

Wery juga menjelaskan bahwa sebagai upaya peningkatan daya saing dan mutu pelayanan serta kemudahan bertransaksi, Perumda Bidadari berkolaborasi dengan perusahan Nasional seperti Tokopedia, Traveloka, DANA, Grab dan Goto.

Dirinya juga berterimakasih kepada Kementrian Komunikasi dan Informatika karna memperkenankan UMKM Manggarai Barat terlibat dalam kegiatan pertemuan ketiga Digital Economy Worlking Group (DEWG) Presidensi G20. Dirinya juga berharap agar proses Digitalisasi UMKM ini mampu mengangkat UMKM Manggarai Barat bersaing pada level Nasional maupun Internasional.

“Terimakasih kepada Menteri Kominfo, Bapak Jhonny G Plate bersama jajaran memperkenankan para UMKM terlibat dalam kegiatan pertemuan ketiga Digital Economy Worlking Group (DEWG) Presidensi G20 ini dan terimakasih pula karna sudah berkunjung ke stand UMKM. Ini tentu sebuah kebanggaan bagi kami dan kami berharap agar proses Digitalisasi UMKM ini mampu mengangkat UMKM Manggarai Barat bersaing pada level Nasional maupun Internasional yang bermuara pada peningkatan perekonomian pelaku UMKM,” ungkap Direktur yang akrab di panggil Ko Werry.

Untuk diketahui UMKM yang terlibat dalam pameran Produk DEWG Presidensi G20 adalah UMKM Bukit Porong dengan produk Rebok dan Kopi Ntala, UMKM Sari Toga dengan produk Sari Jahe Merah dan Sari Campur, UMKM Sambal Kapten, UMKM Yokris dengan produk Keripik Pisang, dan UMKM Hasrinda dengan produk Kacang Kentuncky, Stik Cakar Ayam, Teri Crispi. Selain itu ada juga tenun songket Manggarai.

(Tian – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.