Menu Close

Kodim 1612 Manggarai Canangkan Penanaman Pohon Keras di Taman kota Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Kodim 1612 Manggarai menginisiasi gerakan menanam pohon di beberapa wilayah di Manggarai Barat. Kegiatan penanaman pohon Keras di taman kota Labuan Bajo dikuti oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan unsur Forkopimda Manggarai Barat, Jumat (03/12).
Penanaman pohon Keras ini merupakan program kodam IX/Udayana yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Jajaran kodam ix/udayana di antaranya (kodim ende, kodim 1625 ngada, kodim 1609/buleleng, kodim 1611/badung).
“1.000 pohon yang akan ditanam ini pada dasarnya merupakan kebutuhan kita sendiri, mengingat bahwa manusia, makhluk hidup lain dan alam saling ketergantungan satu sama lainnya.
Kegiatan ini kita lakukan demi menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan kita kata,” kata Dandim 1612 Ruteng Letkol Kav Ifan Alfa saat membuka kegiatan penanaman pohon Keras di taman kota labuan Bajo
Dijelaskanya selain untuk menjaga ekosistem alam sebagaimana telah kita ketahui bahwa di era modern seperti sekarang ini kendaraan bermotor semakin banyak, tentu membawa dampak yang cukup buruk untuk bumi kita, terutama emisi karbon dioksida dan monoksida yang dihasilkan dari proses penguraian bahan bakar oleh mesin kendaraan tersebut.
Akibat dari hal tersebut tentu bumi kita temperatur-nya menjadi semakin panas. Dengan adanya penanaman pohon pada titik-titik (lokasi) yang tepat dapat mengurangi efek dari polusi, sehingga kestabilan alam dapat terjaga
“Oleh sebab Itu, kami menganggap program penanaman pohon ini penting untuk dilakukan,” ungka Letkol Kav Ifan Alfa Sasaran.
Lokasi tanam yang kita laksanakan di hutan Kota dan dusun lemes desa macang tanggar Kecamatan komodo kab. Manggarai barat. Ia menegaskan bahwa tujuan Kodim 1612/Manggarai melaksanakan penanaman pohon keras di wilayah Labuan Bajo diharapkan akan memberikan dampak ekonomi dan lingkungan dalam jangka panjang terlebih labuan bajo yang merupakan salah satu daerah wisata super premium yang ada di wilayah indonesia.
Secara ekonomi pohon yang di tanam, apabila sudah besar akan menjadi tujuan Wisata. Kawasan hijau yang berpotensi menjadi Agro wisata dan menjadikan percontohan penghijauan di wilayah lain sehingga adanya wisatawan tentu akan membawa dampak perekonomian di wilayah labuan Bajo dan sekitarnya.
“Kami mengajak masyarakat, untuk kita sama sama galakan gemar menanam di wilayah labuan bajo dan sekitarnya. Mohon dukungan dari pemerintah daerah beserta instansi terkait untuk menjaga dan memelihara tanaman yang sudah kita tanam agar bermanfaat untuk kehidupan kita pada saat ini,” ujarnya
Sementara itu Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam arahan singkatnya menyampaikan apresiasi kepada pihak TNI angkatan Darat (AD) atas inisiatifnya menyelenggarakan kegiatan penaanaman pohon Keras di taman kota labuan Bajo
“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Mabar menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada TNI atas inisiatif penanaman pohon tersebut,” ungkap Bupati Edi Endi
“Semoga kegiatan hari ini adalah awal dan diharapkan dapat juga di lakukan didaerah lain seperti Lembor, Bari, dan lainnya bisa juga dilakukan hal yang sama. Begitu juga angkatan lainnya seperti AL dan kepolisian bisa melakukan hal yang sama agar daerah ini menjadi hijau dan bersih,” harapan bupati ujung barat pulau Flores tersebut.
(TC/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.