Menu Close

KLHK Selenggarakan Penyusunan Jakstrada Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK), menyelenggarakan kegiatan diskusi dengan tema Penyusunan Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, Rabu (12/2) di La Prima Labuan Bajo Manggarai Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari beberapa OPD di lingkup Pemda Mabar dan beberapa stake holders yang terkait dengan tema tersebut.

Kepala Sub Bidang Sampah Spesifik dan Daur Ulang Ari Sugastri dalam paparannya menegaskan pentingnya upaya pengurangan sampah Rumah Tangga dan sejenis sampah Rumah Tangga, serta mendorong peningkatan kinerja dibidang penanganan sampah untuk mendukung Labuan Bajo sebagai daerah destinasi wisata premium yang ramah lingkungan.

Ia menegaskan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memilah sampah di setiap RT, Pasar, Kantor dan lingkungan kita masing-masing, ditekankan pula pentingnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya penanganan sampah yang sudah menjadi masalah besar disetiap daerah, termasuk di Labuan Bajo.

“Untuk itu dalam waktu dekat, Kementrian Lingkungan Hidup akan mendorong terbitnya Peraturan Bupati yang akan mengatur tentang Jakstrada di Kabupaten Manggarai Barat seperti yang sudah dilakukan di tiga puluhan Kabupaten/ Kota lainnya yang menjadi destinasi Wisata unggulan,” jelasnya

Agus Sugastri menyampaikan solusi pengurangan sampah, yakni prinsip 3 R yaitu menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain (REUSE).

Kemudian mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan sampah (REDUCE) salah satu contoh, ke pasar membawa keranjang untuk mengurangi pemakaian plastik, serta mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat (RECYCLE).

“Menerapkan prisip 3R dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja, yang dibutuhkan adalah waktu dan kepedulian kita terhadap lingkungan,” pungkasnya.

(Mertin J, Maria J/ Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.