Menu Close

Kementerian Kominfo Gelar Pelatihan TIK dan Pengenalan AI Bagi Guru di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Kementerian Kominfo melalui Balai Besar Pengembangan SDM Kominfo Makassar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyelenggarakan Pelatihan Thematic Academy Digital Talent Scholarship (TA-DTS) bagi tenaga pendidik di Labuan Bajo Manggarai Barat.

Pelatihan Thematic Academy dibuka oleh J. H. Philip Gobang, M.Si (Staf Khusus Menteri Kominfo bidang Komunikasi Politik) melalui zoom meeting, Selasa, (19/04). Pelatihan TA di diselenggarakan secara paralel dengan tema “Pengenalan Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan untuk Tenaga Pendidik SD dan SMP” sejumlah 50 tenaga pendidik dari tanggal 18-21 April 2022 di Politeknik elBajo Commodus Labuan Bajo

Kemudian “Pelatihan dasar bidang TIK Bagi Pengelola Pesantren, Penyuluh Agama, Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah” di ikuti 100 tenaga pendidik dari tanggal 18-22 April 2022 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Manggarai Barat

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hilarius Madin menyampaikan saat ini Pemerintah sangat gencar dalam percepatan penyiapan transformasi digital, diantaranya penyiapan SDM talent digital.

“Kabupaten Manggarai Barat berterima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang sangat memperhatikan peningkan SDM digital di Kabupaten ini. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa tahun 2021 yang lalu Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat telah menandagani MoU terkait peningatan SDM digital bersama Kementerian Kominfo, dengan total dua puluh ribu SDM sampai dengan tahun 2024,” ucap Bupati Mabar, Selasa (19/04) di elBajo Commodus Labuan Bajo

Beberapa waktu lalu telah dilaksankan pelatihan bagi UMKM, sebanyak 720 UMKM yang siap go digital. Kemudian saat ini diberi kesempatan untuk meningakatan SDM digital sejumlah 150 orang melalui pelatihan TIK bagi pengelola pesantren, guru dan tenaga pendidik madrasah entrepreneurship dan pelatihan Artificial Intelligence (AI) bagi tenaga pendidik SD dan SMP.

Sementara itu Kepala BBPSDMP Makassar Dr. R. M. Agung Harimurti, M.Kom menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo untuk mengembangkan program pembangunan SDM di seluruh lapisan masyarakat, agar memiliki pengetahuan di bidang TIK yang cukup memadai.

Dijelaskanya dalam target pelatihan ini, diharapakan keterampilan TIK para peserta nantinya akan meningkat menjadi lebih baik, agar bisa mendukung percepatan transformasi digital secara nasional di Indonesia. Kabupaten Manggarai Barat merupakan salah satu Kabupaten yang masuk dalam target percepatan transformasi digital.

“dari sisi pengembangan SDM, selama tahun 2022 ini kami telah menyelenggarakan berbagai jenis ragam pelatihan, setidaknya sekitar 870 orang di Kab. Manggarai Barat telah diberikan pelatihan dengan tema serta sasaran pelatihan yang beragam,” jelasnya

Ia berharap semoga kedepannya akan lebih banyak lagi yang dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kapabilitas masyarkat di Kab.Manggarai Barat.

“Kepada para peserta yang hadir mengikuti Pelatihan ini, baik yang ada disini maupun yang ada di MAN, saya ucapakan Selamat menjalani pelatihan dalam beberapa hari ini, serap ilmu sebaik-baiknya insyaAllah bermanfaat bagi banyak orang kelak,” pungkasnya.

(Syarif ab/ Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.