Menu Close

Kemenko Perekonomian Gelar Rakor Kemitraan Closed Loop Komoditas Hortikultura di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfomabar – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Program Kemitraan Closed Loop Komoditas Hortikultura dan sekaligus kunjungan lapangan di Labuan Bajo Manggarai Barat, Jumat (11/06).
Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Holtikultura Kemenko Perekonomian Yuli Sri Willanti mengatakan Program kemitraan closed loop ini merupakan suatu pendekatan untuk mendorong perkembangan agribisnis berkelanjutan, melalui ekosistem digital.
Closed loop membentuk suatu rantai pasok dan rantai nilai produk hortikultura, di mana hasil pertanian akan memiliki pasarnya tersendiri.
“Petani tidak lagi mencari pasar dari produk yang dihasilkannya melainkan petani didorong untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar,” ucapnya
Pada tempat yang sama Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng dalam arahannya menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat membantu untuk bisa mewujudkan tekad bupati dan wakil bupati Manggarai Barat dalam mensejahterakan petani di daerah destinasi pariwisata super prioritas ini.
“kedatangan bapak ibu merupakan berkat bagi kami, akan kami manfaatkan semaksimal mungkin agar nantinya bisa menjadi daerah yang menyuplai pertanian. Mimpi kami semoga nanti kebutuhan seperti sayur, buah-buahan dan lainnya tidak didatangkan dari luar lagi,” ucap Wabup Mabar yang juga seorang dokter tersebut.
Hadir dalam rapat koordinasi ini Staf ahli menteri bidang hubungan antar lembaga kementerian desa dan PDTT Samsul Widodo, Asisten Administrasi Umum Ismail Surdi S.PKP, Perwakilan beberapa OPD terkait, dan peserta rapat koordinasi program kemitraan closed loop komoditas hortikultura.
(Mckabmanggaraibarat/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *