Menu Close

Jelang Purna Tugas, Bupati dan Wabup Mabar Pamit Kesetiap OPD

Labuan Bajo, KominfoMabar – Menjelang berakhir masa jabatan pada 17 Februari 2021, Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula dan Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D melakukan kunjungan di setiap Organisaai Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk berpamitan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.
Saat mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat di Jalan Serenaru Labuan Bajo, Bupati Gusti Dula mengatakan semestinya acara ini diselenggarakan pada acara perpisahan, namun karena dalam situasi pandemi covids 19 saat ini, maka tidak ada acara perpisahan dan kami mengunjungi setiap kantor untuk menemui pimpinan dan staf pada setiap kantor.
“pola tatap muka keliling disetiap OPD ini dilakukan karena situasi pandemi Covid-19 yang dihadapi saat ini. Karena tidak ada acara khusus yang menimbulkan kerumunan, maka saya dan Bu wakil sepakat untuk berkeliling ke tiap-tiap OPD. Apalagi waktunya tinggal beberapa hari lagi. Setelah masa jabatan berakhir, maka tugas kami sudah selesai,” ujar Bupati Gusti Dula di hadapan pimpinan dan staf Dinas Kominfo Mabar, Kamis (11/2)
Bupati dua periode itu mengakui, masih banyak kekurangan selama menjabat sebagai Wakil Bupati, periode 2005-2010 ketika dirinya berpasangan dengan Almarhum Drs. W. Fidelis Pranda, maupun sebagai Bupati periode 2010-2015 bersama Wakil Bupati Drs. Gasa Maksimus, M.Si., dan kini Bupati periode 2016-2021 bersama Wakil Bupati drh. Maria Geong, Ph.D, ibaratnya daftar kekurangan itu tak akan muat jika ditulis di sebuah buku tebal.
”Untuk itu, sekali lagi saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, mohon dibukakan pintu maaf untuk saya, baik sebagai pribadi maupun sebagai Bupati. Kami juga meminta doa dari semuanya agar sampai akhir nanti bisa melepaskan jabatan dengan aman,” pintanya.
Selanjutnya, Dia mengajak seluruh masyarakat Manggarai Barat terutama para pegawai, baik PNS maupun Tenaga Kontrak Daerah untuk selalu rukun, penuh persahabatan, dan persaudaraan, sehingga daerah ini bisa terus membangun.
”Apa yang sudah dikerjakan pemerintah bersama seluruh warga dalam beberapa tahun terakhir ini perlu terus disempurnakan. Kuncinya adalah perlunya membangun keharmonisan,” tuturnya.
Hampir senada dengannya, Wabup Maria Geong juga menambahkan, acara keliling OPD ini merupakan silaturahmi menjelang berakhirnya masa jabatan dirinya sebagai Wakil Bupati mendampingi Bupati Gusti Dula.
“Selama kurang lebih 5 (lima) tahun saya bertugas mendampingi Bapak Bupati Gusti, semuanya saya anggap seperti keluarga, sudah seperti anak-anak sendiri,” ungkap Wabup Maria Geong, Wakil Bupati Perempuan pertama di NTT itu.
Dia juga meminta maaf jika ada kesalahan ataupun kekhilafan selama menjabat sebagai Wakil Bupati Manggarai Barat, serta adanya masukan dari masyarakat yang belum terealisasi. “Sebagai manusia biasa, saya juga tidak luput dari kesalahan. Dan silaturahmi yang terjalin harus tetap dijaga, karena batas silaturahmi sepanjang hayat,” ucapnya.
Selain itu, disituasi pandemi covid 19 yang terus meningkat di Mabar, Keduanya mengingatkan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi seluruh protokol kesehatan Covid 19 guna memutus mata rantai penyebarannya.
Sejak, 10 Februari 2021, rangkaian acara pamitan itu telah dimulai dengan diawali pada Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Pada OPD-OPD tersebut mereka diterima oleh pimpinan OPD masing-masing bersama seluruh staf.
Kemudian pada Kamis, 11 Februari 2021, selain mengunjungi Dinas Kominfo, keduanya melanjutkan acara pamitan di beberapa OPD lainya yakni Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Kependudukan dan Pencatanan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan berakhir di Inspektorat Daerah Kabupaten Manggarai Barat.
(Mckabmanggaraibarat/ Frumen/ Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.